Sektor Industri

Sektor Industri yang berpotensi dan merupakan peluang unggulan daerah yang  bermotif khas Aceh. yang dapat menyentuh lapisan masyarakat serta memberikan kontribusi yang signifikan dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan antara lain :

1. Pande Besi

Sentra pande besi Makmue Beusare Tanah Pasir Aceh Utara sebagai salah satu sentra binaan yang telah mampu menghasilkan berbagai produk dengan kualitas yang baik berupa barang-barang untuk kebutuhan pertanian (parang, cangkul, sabit tembilang, dll) juga mampu memproduksi alat-alat kerajinan seperti rencong dengan aneka dan jenis yang banyak diminati konsumen. Jumlah produksi yang dihasilkan sangat tergantung kepada musim penggunaannya terutama terhadap produk kebutuhan pertanian rata-rata mencapai 20.000 unit/tahun (berbagai jenis) dengan wilayah pemasaran Aceh dan Sumut.
 

2.  Power Thresher (Mesin Perontok Padi)

Power Thresher di produksi oleh CV. Keluarga Group Kuta Blang Aceh Utara binaan PT. PIM, produksi perdana tahun 1982 dan dalam perjalanannya telah dilakukan beberapa kali modifikasi/pengembangan dengan berbagai pengujian test report yang dilakukan oleh Pusat Engineering Pertanian Serpong Jabar dan hasilnya telah dijadikan standarisasi Nasional. Jumlah produksi 340 unit/tahun dengan wilayah pemasarannya 60 % lokal dan 40 % nasional.
 

3. Aneka Kerajinan Tangan

Barang-barang yang indah, bermanfaat, dan unik dapat ditemukan diantara beraneka ragam hasil kerajinan tangan dari masyarakat yang bersumber dari adat istiadat dan budaya lokal yang merupakan perlengkapan kehidupan dan juga kegiatan keagamaan masyarakat. diantaranya adalah:

  • Kerajinan dari batang kelapa berupa piring, sendok nasi hiasan dinding,
  • Kerajinan dari manik berupa gelang, tas sandang.
  • Bordir berupa peci, baju muslim,  sajadah dan beraneka ragam tas
  • Kerajinan Batik Tulis
  • Kerajinan Batik Tulis binaan PT. PIM di Pesantren-pesantren telah menghasilkan: kain sarung, pakaian jadi, taplak meja, sarung bantal, dan sprei tempat tidur.
No. Nama Kerajinan Jumlah Sentra (unit) Produksi / Bulan Pemasaran
Lokal Eksport
1. Kelapa Terpadu
- Arang Tempurung
- Batang Kelapa

5
2

1,5 ton
246 unit

Medan
Bali
 
2. Kerajinan Bordir
(Aneka Tas, Baju Muslim, Peci, Sepatu, dll)
23 2345 unit Jakarta
Bali
Medan
Malaysia
Inggris
Jepang
3. Batik Tulis 3 18 meter