CSR

PT PIM selalu berupaya menjaga keberlangsungan Perusahaan melalui implementasi kegiatan berwawasan lingkungan dalam ruang lingkup ekonomi, sosial, Agama dan Budaya dengan berupaya memenuhi sasaran pembangunan dengan tetap memperhatikan kepentingan lingkungan, perusahaan, masyarakat serta stakeholder secara keseluruhan.

PT PIM begitu menyakini bahwa kegiatan Corporate Social Responsibilty tidak hanya pemberian sukarela, dan merupakan komitmen dari setiap kegiatan bisnis perusahaan. Perusahaan yang bertanggung jawab sudah semestinya memberikan sumbangsih dan pengabdian yang nyata bagi kemaslahatan masyarakat disekitar tempat perusahaan tersebut beroperasi. PT PIM telah mengembangkan program kepedulian social (CSR) untuk meningkatkan taraf hidup dan nilai tambah bagi kehidupan ekonomi masyarakat.

Tanggung jawab sosial PT PIM melalui program pembinaan wilayah menggunakan dana yang bersumber dari biaya operasional perusahaan. Program kemitraan dan Bina Lingkungan  dengan sumber dana penyisihan laba perusahaan dan dana bergulir dari pengembalian pinjaman, sesuai ketentuan yang telah diatur pemerintah, serta bantuan yang bersumber dari zakat karyawan yang dikelola oleh Yayasan Amil Zakat.
 

Program Pembinaan Wilayah

Kepedulian sosial perusahaan melalui program pembinaan wilayah meliputi bidang Pendidikan, Kesehatan, Agama, Kesejahteraan umum & Olah raga, Pemberdayaan ekonomi masyarakat dan Pemeliharaan Ekosistem Perusahaan.

Tujuan Program Pembinaan Wilayah Perusahaan :    

  1. Mengurangi/meminimalkan kesenjangan ekonomi dan sosial masyarakat di lingkungan perusahaan.
  2. Meningkatkan Sumber daya Manusia dan Kesehatan masyarakat lingkungan khususnya anak yatim dan fakir miskin.
  3. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan penciptaan lapangan kerja dan usaha bagi masyarakat di lingkungan perusahaan.
  4. Meningkatkan stabilitas keamanan, hubungan dan kerjasama, serta pencitraan yang positif di masyarakat, lembaga dan instansi di lingkungan perusahaan.


Strategi Pembinaan Wilayah

Untuk mencapai sasaran yang tepat dan terkendali dalam melaksanakan tanggung jawab sosial PT. Pupuk Iskandar Muda melakukan kerjasama dengan Perangkat Desa, Instansi terkait, Pemerintah Daerah, Lembaga Pendidikan dan tokoh masyarakat dengan mengedepankan strategi sebagai berikut :  

  1. Evaluasi Kebenaran dan urgensi atas permohonan bantuan yang diajukan masyarakat.
  2. Pembagian Wilayah dengan prioritas desa binaan dan desa yang dilalui oleh pipa penyalur air baku.
  3. Klasifikasi Bantuan, diutamakan untuk masyarakat dan lembaga serta perorangan bagi masyarakat desa terdekat.
  4. Bekerjasama dan berkoordinasi dengan unit kerja dan lembaga di internal PT PIM yang kegiatannya berhubungan dengan kepedulian sosial serta perusahaan vital di Aceh Utara.


Pembagian Wilayah Lingkungan Perusahaan

Pembagian wilayah lingkungan perusahaan meliputi tiga wilayah yaitu :

  • Wilayah 1 meliputi  Desa Tambon Baroh, Desa Tambon Tunong, Desa Paloh Gadeng, Desa Blang Nalueng Mameh, Dusun Madat, Desa Blang Mee dan Keude Krueng Geukueh.
  • Wilayah 2 meliputi Desa Paloh Lada, Desa Paloh Igeueh, Desa Ulee Pulo, Desa Ulee Reuleueng dan Desa Pulo Rungkom.
  • Wilayah 3 meliputi  Desa di sepanjang aliran pipa air baku PT PIM.


Kegiatan  Pembinaan Wilayah Perusahaan

Kepedulian sosial perusahaan pada tahun 2015, diwujudkan  melalui program pembinaan wilayah meliputi : 

  • Bidang Pendidikan

    Penyaluran bantuan bidang pendidikan bertujuan meningkatkan sumber daya manusia dengan memprioritaskan bantuan kepada fakir miskin dan anak yatim yang memiliki potensi akademis untuk seluruh jenjang pendidikan. Bantuan diberikan berupa beasiswa pendidikan, perlengkapan sekolah bagi anak yatim piatu, pembangunan sarana dan prasarana sekolah, pelatihan bagi pemuda putus sekolah dan kerjasama dengan perguruan tinggi.

    Peletakan batu pertama pembangunan asrama putri Pesantren Nurul Huda Paloh Gadeng – Kecamatan Dewantara.
     
  • Bidang Kesehatan

    Bantuan kesehatan kepada masyarakat lingkungan juga menjadi perhatian perusahaan, kegiatan ini antara lain bantuan pengobatan massal, bantuan sunnat massal, bantuan biaya pengobatan fakir miskin, dan bantuan obat-obatan melalui lembaga swadaya masyarakat.
     
  • Bidang Keagamaan

    Bantuan keagamaan dimaksudkan untuk meningkatkan fasilitas peribadatan pada Desa lingkungan sehingga masyarakat dapat meningkatkan pemahaman dan pengamalan ibadah dengan baik. Bantuan yang diberikan dalam bentuk bantuan sarana dan fasilitas ibadah, serta bantuan kegiatan keagamaan dan bantuan hewan qurban.
     
  • Bidang Kesejahteraan Umum & Olah Raga

    PIM juga berpartisipasi dalam membantu pembangunan di lingkungan perusahaan, khususnya yang berkaitan langsung dengan kepentingan masyarakat seperti bantuan sarana dan pemeliharaan fasilitas umum,  bantuan musibah dan bencana alam, bantuan fasilitas dan perlengkapan olah raga khususnya pemuda  untuk  mendorong pada kegiatan positif dan bermanfaat, bantuan bibit tanaman penghijauan.

    Penanaman pohon Manggrove & pohon Trambesi oleh Ny.Mustafa Abubakar di komplek PT.PIM dalam rangka gerakan penanaman 1 Milyar pohon.
     
  • Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

    Program bantuan pemberdayaan ekonomi masyarakat dimaksudkan untuk penciptaan usaha dan lapangan kerja, kemandirian yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga dapat mengurangi kesenjangan sosial. Bantuan yang diberikan seperti: bantuan modal usaha kelompok peternakan dan pertanian, bantuan fasilitas perlengkapan kelompok tani, dan bantuan modal usaha kecil, para janda dan fakir miskin.