Adsorbent PIMIT

Adsorben Sulfur Removal digunakan sebagai media penyerap gas Hydrogen Sulfida (H2S) yang terdapat pada industri gas bumi dan minyak. Selain juga digunakan pada pengolahan limbah, industri baja, dan pabrik Amonia.

Salah satu proses pemisahan sulfur dalam gas bumi adalah menggunakan Adsorben Sulfur Removal, diantaranya Sponge Iron, Sulfatreat,TC-77 ,DEA, Activated Carbon dan lainnya, yang sebahagian besar masih harus diimpor. Dikarenakan Kandungan H2S dalam gas bumi di Aceh cukup besar ( 80-300 ppm ), dimana yang bisa ditolerir masuk kedalam proses hanya 5 ppm, maka kebutuhan Adsorben Sulfur Removal untuk  sebuah pabrik Pupuk cukuplah besar.

Oleh karena itu PT. PIM bekerja sama dengan ITB - Bandung  melakukan penelitian untuk membuat sendiri Adsorben Sulfur Removal, & telah menemukan  proses untuk memproduksi Adsorben Sulfur Removal dengan kualitas yang lebih baik dari yang dipakai saat ini. Hasil temuan itu dinamai dengan PIMIT.
 

Spesifikasi Produk

  • Bentuk : Pellet
  • Ukuran : 5 X 5 mm
  • Bulk Density : 900 – 1.050 Kg/m3


Diskripsi Proses

Adsorben PIMIT dihasilkan dari hasil reaksi antara besi sulfhate dan sodium carbonat dengan penambahan hot water, yang kemudian dicuci dan dikeringkan dengan udara panas dan selanjutnya dicrusher dan dipelletkan.