PT PIM-Pupuk Kaltim Gandeng Jordan Bangun Pabrik Chemical Cluster di KEK Arun Lhokseumawe

ACEH UTARA : 12 DESEMBER 2017

PT Pupuk ISkandar Muda (PIM) dan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menggandeng Jordan Phospate Mining Corporation (JPMC) untuk membangun pabrik Chemical Cluster di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe.

Penandatangan kerja sama tersebut antara Direktur Utama PT PIM Achmad Fahdiel dengan Prof. Mohammad Thneibat Chairman of The Board Jordan Phosphate Mines Co. Plc di Kantor Pusat JPMC Amman, Selasa (12/12/2017).

JPMC merupakan perusahaan berbasis di Amman, Jordania, salah satu produsen fosfat terbesar di dunia, serta pabrik pupuk berbasis fosfat.

Kesepakatan rencana pembentukan Joint Venture Company meliputi produksi yang dihasilkan antara lain, produksi Asam Fosfat kapasitas 200.000 ton pertahun, produksi Asam Sulfat 300.000 ton pertahun, produksi Aluminum Florida 12.000 ton pertahun dan Purified Gypsum 1,1 juta ton pertahun.

Purified Gypsum ini merupakan salah satu bahan baku Pabrik Semen. Pengembangan PT PIM sendiri dimulai dengan dilaksanakannya program Reaktivasi pabrik PIM-1 dan investasi pengembangan pabrik NPK Chemical dengan kapasitas produksi 500.000 ton pertahun dan tidak menutup kemungkinan adanya pengembangan-pengembangan sarana utilitas dan fasilitas penunjang lainnya.

Diharapkan langkah-langkah yang dilakukan PIM diikuti perusahaan-perusahaan nasional lainnya, serta perusahaan asing sebagai investor di KEK Arun Lhokseumawe. Kondisi ini akan menyebabkan industri di Aceh bangkit kembali seperti arahan Bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo pada peresmian Pupuk Kaltim 5 di Bontang tanggal 19 November 2015 dan Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Arun tanggal 2 Juni 2016 di Lhokseumawe.