Kunjungan Industri Mahasiswa Teknik Kimia UIN Ar-Raniry di PT PIM

ACEH UTARA : 8 NOVEMBER 2017

Sebanyak 43 orang mahasiswa dan dua dosen Teknik Kimia Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, diantaranya Anjar Purba Asmara, M,Sc dan Febrina Arfi S.Si M.Si melakukan kunjungan industri ke PT Pupuk Iskandar Muda.

Dalam rangka pengembangan sumber daya manusia dibutuhkan proses pembelajaran yang tidak hanya dilaksanakan dikelas dan laboratorium tetapi dibutuhkan langsung pengamatan ke industri secara langsung.

Kedatangan mahasiswa jurusan kimia disambut oleh Manager Humas & Tanggap Darurat  Zulfan Effendi di Gedung Diklat PIM pada hari, Rabu (8/11).

Seperti biasa, sebelum dilanjutkan pengenalan pabrik ada penjelasan pada sesi Safety Induction selama berada di Gedung Diklat PIM oleh petugas Departement K3 & LH oleh Owen Ari Gayota.

Dalam sambutan Manager Humas & Tanggap Darurat Zulfan Effendi menjelaskan, peran PT Pupuk Iskandar Muda dalam meningkatkan ketahanan pangan dan kepedulian terhadap masyarakat lingkungan melalui Program CSR (Coorporate Social Responbility).

Sementara itu, perwakilan Dosen Pembimbing dari UIN Ar-Raniry, Anjar Purba Asmara, M,Sc menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Zulfan sebagai Manager Humas beserta manajemen PT PIM yang telah menerima kami pada kunjungan industri ini.

"Kunjungan industri dalam rangka menimba ilmu yang selama ini hanya teoritis, namun kami bisa melihat langsung proses produksi di pabrik PIM.
 Studi ilmu ini baru tiga tahun berada di UIN Ar-Raniry, sehingga kami mohon dari PIM dapat memberikan ilmu sebanyak-banyaknya kepada adik adik mahasiswa. Mereka adalah sebagai penggerak/lokomotif industri yang berkembang di indonesia umum dan Aceh khususnya," ujar Anjar Purba Asmara.


Bagi adik adik mahasiswa ini merupakan kesempatan emas untuk melihat langsung proses produksi industri kimia dan dalam plant tour mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan, ungkap Dosen Pembimbing Anjar.

Sebelum melakukan plant tour ke lokasi pabrik, terlebih dahulu pengenalan profil perusahaan dan proses pembuatan pupuk urea dari Departement Rendal Produksi Heri Afriadi Aka.

Banyak pertanyaan-pertanyaan kritis yang muncul dari Mahasiswa/i yang berarti mereka sangat menyerap pelajaran-pelajaran yang telah disampaikan.

Seperti biasa setelah dilakukan presentasi, mahasiswa bertanya mengenai perusahaan PIM. Selanjutnya rombongan diajak untuk plant tour untuk melihat secara nyata bagaimana bentuk dari peralatan yang dijelaskan pada saat presentasi sebelumnya.