Audit Internal Sistem Manajemen Pengamanan PT PIM

ACEH UTARA : 6 NOVEMBER 2017

Dalam rangka mewujudkan Good Corporate Governance dalam pengelolaan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) Manajemen PIM memandang perlu untuk membentuk Komite Audit.

Komite Audit ini dimaksudkan untuk membantu melaksanakan tugas dan tanggung jawab berkaitan dengan pengawasan terhadap laporan keuangan perusahaan, sistem pengendalian intern, proses audit internal maupun eksternal.

"Anak perusahaan lain saat ini sudah final audit, namun hanya PT PIM baru melaksanakan audit. Oleh karena itu, berharap walaupun kita terlambat target, benar-benar tercapai di April 2018 mendatang dan kita sudah mendapatkan sertifikat SMP tersebut. Ini tidak lepas dari dukungan Departemen Sismen dan Departemen lainnya," kata General Manager Umum Muhammad Ali di Ruang Melati PT PIM, Senin (6/11/2017).

Dimana untuk pelaksanaan SMP tidak hanya melibatkan dari Departemen Keamanan atau Sismen yang sudah prosuder, namun juga melibatkan semua kita, mulai dari dukungan manajemen dalam hal kegiatan, kemudian dukungan dari seluruh unit kerja.

Lanjut, M Ali menjelaskan, aspek pengamanan perlu dikelola secara terintegrasi melalui penerapan sistem manajemen pengamanan (SMP). Sistem manajemen pengamanan memberikan panduan bagaimana mengelola ancaman dan gangguan pada organisasi dalam upaya mencapai organisasi yang aman, produktif dan efisien.

Di Indonesia, hal ini diatur dalam PERKAP 24 tahun 2017 yaitu, ketentuan tentang sistem manajemen pengamanan yang diterbitkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia dan telah diakui secara nasional.

"Sistem Manajemen Pengamanan adalah sistem manajemen pengamanan di tempat kerja yang penerapannya melibatkan unsur manajemen, tenaga kerja, kondisi, dan lingkungan kerja yang secara profesional terintegrasi untuk mencegah dan mengurangi kerugian akibat ancaman, gangguan, dan bencana serta mewujudkan tempat kerja yang aman, efisien, dan produktif," pungkas GM Umum M Ali. []