Pertemuan Kesiapan KEK Arun Lhokseumawe di PT PIM

Aceh Utara : 11 Oktober 2017

Dalam Rencana pengembangan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun-Lhokseumawe, PT PIM bersama PT Pertamina, PT Pelindo I dan PDPA melaksanakan rapat pertemuan kesiapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe, di Gedung Pertemuan PT. PIM, Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Rabu (11/10).

Rapat pertemuan kesiapan KEK tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Dewan Kawasan KEK Arun-Lhokseumawe Ir. Iskandar dan didampingi Sekda Kota Lhokseumawe Bukhari.

Rapat Koordinasi tersebut membicarakan mengenai, Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, dijadwalkan melaunching  Kawasan Ekonomi Khusus Arun Lhokseumawe pada pertengahan Desember 2017 nanti. Untuk mempersiapkan hal itu,  Konsorsium Badan Pengelola KEK terus memacu persiapan, kata Iskandar.

Keputusan Presiden Nomor 26 tahun 2017 tersebut bertanggal 13 September bulan lalu. Artinya, pada pertengahan Desember KEK Arun akan secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Iskandar yang juga Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh, menyebutkan progres peluncuran KEK Arun mengalami perkembangan yang menggembirakan. Gubernur sebagai Ketua Dewan Kawasan KEK, serta Bupati dan Wali Kota sebagai Wakil Ketua Dewan Kawasan KEK, ujar Iskandar.

Iskandar bersama perwakilan konsorsium dari PT. PIM, PT. Pertamina, PT. Pelindo I dan PDPA sudah meninjau lokasi yang akan dipakai sebagai Kantor Administratur dan Kantor Pengelola Badan KEK yang rencananya di bekas perkantoran Arun LNG.

Dalam pekan ini pihak pengelola akan memasang plang nama dan merehab kantor untuk bisa segara difungsikan. Sementara di pintu masuk kawasan yaitu di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, konsorsium akan memasang baliho pertanda kawasan KEK Arun.

Iskandar menyebutkan, lokasi peresmian KEK Arun oleh Presiden Joko Widodo kemungkinan akan dilangsungkan di pusat perkantoran tersebut. Namum demikian, opsi peresmian bisa juga dilakukan di lokasi PT. PIM atau di lokasi pelabuhan milik PT. Pelindo.

Selain itu, Direktur Produksi Teknologi dan Pengembangan PT PIM Pranowo Tri Nusantoro mengatakan, PT PIM juga berencana melakukan ground breaking pembuatan pabrik pupuk NPK di kawasan KEK Arun.

“PIM akan mendirikan pabrik Pupuk NPK yang nantinya akan membawa dampak ekonomi bagi masyarakat. Kami berupaya sekali agar presiden nanti bisa melaunching projeknya. Mudah-mudahan PIM bisa memberikan kontribusi yang baik,” ungkap Pranowo. []