PT PIM Gelar sosialisasi Good Corporate Governance (GCG)

Aceh Utara : 7 September 2017
 
PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menyadari sangat pentingnya penerapan Good Corporate Governance (GCG) dalam aktivitas perusahaan sehari-hari.
 
Sesuai kebijakan Pupuk Indonesia, Assessment GCG ini setiap dua tahun akan dilakukan oleh pihak eksternal, dan seusai dengan MoU dengan BPKP Pupuk Indonesia Grup, dalam rangka penguatan Tata Kelola Perusahaan.
 
Sosialisasi Good Corporate Governance (GCG) akan dilakukan baik secara internal maupun eksternal. Secara internal ini rapat seluruh General Manager, Manager, Superitendent, dan Staf.
 
Sedangkan ekternal akan dilakukan terhadap rekanan yang ada di Pengadaan Barang dan Jasa, Distributor yang ada di Pemasaran, dan pihak-pihak yang terkait lainnya. "Kami tentunya mengharapkan sosialisasi ini dapat meningkatkan komitmen kita semua, baik di jajaran para Manager, Superintendent dan Staf dalam penerapan GCG di Perusahaan," ungkap General Manager Tata Kelola & Korporasi, Masridar mewakili Direksi dalam sambutan pembukaan sosialisasi Good Corporate Governance (GCG) di Ruang Melati PT PIM, Aceh Utara, Kamis (7/9).

Sosialisasi Good Corporate Governance (GCG) menghadirkan dua narasumber dari internal PT PIM yaitu, Nasrun dan Zainuddin.

Selain itu, PT Pupuk Iskandar Muda yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkewajiban menerapkan GCG sesuai dengan peraturan Menteri BUMN No.01/MBU/2011 tanggal 1 Agustus 2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik. Dan Keputusan Sekretaris Menteri BUMN Nomor : SK-16/S.MBU/2012 tanggal 6 Juni 2012 tentang Indikator/Parameter Penilaian dan Evaluasi atas penerapan Good Corporate Governance (GCG).

Serta, arahan pemegang saham/RUPS dengan Surat Keputusan Direksi Nomor: 57/MD/DU/IM/VIII/2014 perihal Implementasi, Sosialisasi & Evaluasi Good Corporate Governance (GCG).

Penerapan Good Corporate Governance (GCG)/Tarif ada 3 Prinsip diantaranya,
* Transparancy (keterbukaan informasi)
Keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan dan keterbukaan dalam mengemukakan informasi materiil dan relevan mengenai perusahaan.
 
* Accountability (akuntabilitas)
Kejelasan fungsi, struktur, sistem, dan pertanggungjawaban organ perusahaan sehingga pengelolaan perusahaan terlaksana secara efektif.
 
* Responsibility (pertanggungjawaban)
Kesesuaian (kepatuhan) di dalam pengelolaan perusahaan terhadap prinsip korporasiyang sehat serta peraturan perundangan yang berlaku.
 
Ia menambahkan, ada 6 Aspek Good Governance antara lain,
* Aspek 1, Komitmen Penerapan GCG
* Aspek 2, Pemegang Saham/Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)
* Aspek 3, Dewan Komisaris
* Aspek 4, Direksi
* Aspek 5, Pengungkapan Informasi & Transparansi
* Aspek 6, Lainnya.
 
Mengenai Gratifikasi terkait Kedinasan, merupakan pemberian yang diterima secara resmi oleh PIM sebagai wakil resmi oleh insan perusahaan dalam suatu kegiatan dinas, sebagai penghargaan atas keikutsertaan atau kontribusinya.