Dirprodtekbang Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Aceh Utara : 1 Juni 2017


Presiden RI Joko Widodo resmi menetapkan 1 Juni 1945 sebagai hari lahir Pancasila, dan hari ini PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila untuk yang pertama kalinya.

Upacara ini di mulai sekira pukul 07.15 WIB. Dalam upacara ini, Direksi Produksi, Teknik dan Pengembangan (Dirprodtekbang) PT PIM, Ir. Pranowo Tri Nusantoro menjadi Inspektur Upacara.

Dalam sambutannya Pranowo membacakan amanat dari Presiden Jokowi. Upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

"Pemahaman dan pengamalan Pancasila harus ditingkatkan melalui Ceramah agama, materi pendidikan, fokus berita dan media sosial harus mengandung pendalaman nilai Pancasila," kata Dirprodtekbang Pranowo menyampaikan amanat dari Presiden Jokowi, Kamis (1/6/2017) di Lapangan PT PIM, Aceh Utara.

Dalam amanat Jokowi yang dibacakan Pranowo menyampaikan, tidak ada pilihan lain kecuali kita harus bahu-membahu menggapai cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila. Tidak ada pilihan lain kecuali seluruh anak bangsa harus menyatukan hati, pikiran, dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan. Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran. Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus menjadikan Indonesia bangsa yang adil, makmur, dan bermartabat di mata internasional.

Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan Indonesia.

Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, saya Pancasila.

Upacara ini dihadiri para, Sekretaris Perusahaan, General Manager, Manager, Karyawan, Karyawati, Security, ODP, SDP, serta MTP PT PIM 2017. []