Sosialisasi Pencegahan Penyakit Akibat Kerja

ACEH UTARA : 17 JANUARI 2016

PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) melaksanakan kegiatan Seminar kesehatan dalam upaya pencegahan penyakit akibat kerja dan penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan.

Kegiatan teresebut dibuka oleh Manager Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Muhammad Refi, dengan menghadirkan pemateri dr. Halinda Sari Lubis, MKKK dari lulusan Universitas Indonesia di Gedung Pertemuan Komplek PT PIM, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Selasa (17/1/2017).

Acara ini dibuat sebagai upaya untuk meminimalkan dampak penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan. Kegiatan seminar ini diikuti seluruh karyawan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM).

Dalam kesempatan tersebut dr. Halinda Sari Lubis, MKKK mengatakan, melalui Keputusan Presiden (Kepres) 22 tahun 1993 penyakit yang timbul akibat hubungan kerja. Konsep hidup sehat H.L.Blum sampai saat ini masih relevan untuk diterapkan. Kondisi sehat secara holistik bukan saja kondisi sehat secara fisik melainkan juga spiritual dan sosial dalam bermasyarakat.

Untuk menciptakan kondisi sehat seperti ini, diperlukan suatu keharmonisan dalam menjaga kesehatan tubuh. Ada empat faktor utama yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat. Keempat faktor tersebut merupakan faktor determinan timbulnya masalah kesehatan.

Keempat faktor tersebut terdiri dari, faktor perilaku/gaya hidup (life style), faktor lingkungan (sosial, ekonomi, politik, budaya), faktor pelayanan kesehatan (jenis cakupan dan kualitasnya) dan faktor genetik (keturunan). Seminar kesehatan tersebut, bertujuan untuk menambah pengetahuan dalam pencegahan penyakit akibat kerja dan penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan, kata dr. Halinda. []