PENANAMAN POHON DALAM RANGKA MELINDUNGI DAMPAK LINGKUNGAN

Aceh Utara, 30 November 2016

Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada tanggal 28 November, PT PIM pada hari Rabu (30/11) melaksanakan penanaman pohon sebagai wujud dari kepedulian PT PIM terhadap lingkungan.sebanyak 100 batang pohon bambu ditanam di areal tanggul seputaran lingkungan pabrik. adapun tujuan dari penanaman pohon bambu ini adalah sebagai penyerap polutan, dimana daun-daun tanaman tersebut mampu menyaring debu dan menghisap polutan seperti karbon dioksida (Co2) dan sebagai penyaring kebisingan suara yang dihasilkan dari proses pabrik.


Manfaat lain dari pohon bambu ini antara lain Akar tanaman bambu dapat berfungsi sebagai penahan erosi guna mencegah bahaya banjir. Tak heran, beberapa jenis bambu yang banyak tumbuh di pinggir sungai atau jurang sesungguhnya berperan penting mempertahankan kelestarian tempat tersebut. Dengan demikian, bambu mempunyai arti yang penting dalam pelestarian lingkungan hidup. Akar tanaman bambu juga dapat berperan dalam menangani limbah beracun akibat keracunan merkuri. Bagian tanaman ini menyaring air yang terkena limbah tersebut melalui serabut-serabut akarnya. Selain itu, akar bambu mampu melakukan penampungan mata air sehingga bermanfaat sebagai sumber penyediaan air sumur dan daun bambu mangandung zat yang bersifat mendinginkan. Dengan demikian, panas dalam dapat dengan mudah dihalau

PT PIM terus berupaya melaksanakan pembenahan dan kepedulian terhadap lingkungan baik yang berkaitan dengan sarana prasaran maupun manfaat dari program yang digulirkan. semoga penanaman pohon ini dampaknya akan dirasakan langsung oleh seluruh sakholders yang tinggal berdekatan langsung dengan areal pabrik PT PIM. (fw)

#PIMkamibangga