Proses Star Up PT PIM

Aceh Utara : 12 November 2016

Pada hari Rabu tanggal 9 November 2016 pukul 22:30 WIB pabrik amoniak dan urea PT Pupuk Iskandar Muda dishutdownkan karena pasokan gas mengalamigangguan supply.Setelah pasokan gas kembali normal maka pada hari Jum’at tanggal 11 November 2016 pukul 02.00 Wib pabrik amoniak dilakukan start kembali.

Pada hari Sabtu tanggal 12 November 2016 pukul 12:30 WIB pabrik amoniak sudah beroperasi dan menghasilkan produk amoniak kembali,pada pukul 16.04 Wib terjadi fluktuasi tekanan pada system proses sehingga secara desain katup pengaman 61-SV—1220 otomatis terbuka dan hal ini mengakibatkan terjadinya paparan gas amoniak ke udara.

Staf Humas PT Pupuk Iskandar Muda dan seluruh komponen masyarkat saling bekerjasama membantu dan membawa masyarakat yang terkena paparan gas amoniakkeRS PT  Pupuk Iskandar Mudauntuk segera diberi tindakan penyembuhan dan sebagian lagi dirujuk ke RS Arun. Sampai dengan saat ini seluruh pasien yang berasal dari masyarakat telah kembali ke rumahnya masing-masing kecuali 19orang atas permintaan keluarga masih ingin mendapatkan perawatan di RS Arun.

Kondisi pabrik amoniak dan urea PT Pupuk Iskandar Muda saat ini sudah kembali beroperasi secara normal. Dan kedepannya PT Pupuk Iskandar Muda secara berkesinambungan akan melakukan sosialisasi dan latihan mengenai kondisi tanggap darurat ke seluruh masyarakat di desa lingkungan PT Pupuk Iskandar Muda. (fw)