Pelaksanaan Survey Kepuasan Lingkungan 2016

ACEH UTARA : 18 OKTOBER 2016

PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) melakukan survey kepuasan lingkungan terhadap masyarakat di sekitar perusahaan. Selama ini muncul anggapan bahwa perusahaan PIM tidak peduli terhadap masyarakat sekitar dan binaan PT PIM. Kegiatan tersebut diawali melakukan pertemuan bersama pihak Muspika Dewantara, diikuti sejumlah unsur masyarakat lingkungan dan mitra binaan PT PIM di Gedung Pertemuan Komplek PT PIM, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Selasa (18/10/2016).

Survey kepuasan lingkungan dilaksanakan setiap tahunnya, ini merupakan arahan dari PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai pemegang saham kepada seluruh anak perusahaan dibawahnya.


Manager Departemen Humas PT PIM Zulfan Effendi dalam kesempatan itu mengatakan, lewat program survey ini diharapkan menjadi bahan evaluasi kami terhadap bantuan yang telah diberikan selama ini, sehingga program kedepan meliputi beberapa aspek antara lain pendidikan, agama, kesehatan, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan olah raga kami melalui program CSR lebih efisien dan tepat sasaran.

Program CSR Tahun 2016 yang telah terealisasi di antaranya, Program Operator Development Program (ODP) yang telah menyerap tenaga lingkungan sebesar 97 orang dari desa lingukungan. Bantuan beasiswa bagi anak kurang mampu yang tinggal di desa lingkungan. Bantuan rumah sangat seerhana kepada kaum duafa yang tinggal di desa lingkungan sebanyak 13 rumah dengan total keseluruhan sampai dengan tahun 2016 berjumlah 298 rumah. Pasar murah BUMN dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1437 Hijriyah, PT PIM memberikan sebanyak 1800 paket sembako yang terdiri dari beras, minyak goreng, gula dan hasil pengembalian maupun penjualan dikembalikan lagi untuk bantuan sarana ibadah. Bantuan pembangunan sarana umum seperti selokan/parit dan gorong-gorong yang bertujuan untuk menghindari bencana banjir di desa lingkungan.

Adapun tujuannya dilaksanakannya survey kepuasan lingkungan ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasaan masyarakat lingkungan terhadap keberadaan pabrik PIM. Tanpa dukungan dari Masyarakat lingkungan tidak akan mungkin program-program bantuan ini dapat berhasil tepat sasaran. Maka untuk itu kami mengharapkan kerjasamanya untuk mensukseskan program-program perusahaan demi kepentingan kita semua. "Semoga dengan hasil survei kepuasan lingkungan tersebut dapat mengkaji ulang program-program yang cocok untuk diaplikasikan kepada masyarakat sekitar, kedepannya dalam meningkatkan taraf hidup dan pemberdayaan perekonomian masyarakat di Aceh," kata Zulfan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Direksi Umum & SDM Bpk. Usni Syafrizal, Camat Dewantara Amir Hamzah beserta jajaran Muspika Dewantara, perwakilan PT Pupuk Indonesia Bpk. Wahyu Suprianto, Tamu Perusahaan yang mewakili PT Pupuk Pusri Palembang, PT Kaltim, PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Kujang Cikampek, PT Rekayasa Industri, Tokoh Ulama, serta undangan masyarakat sekitar dan binaan PT PIM. (RM)