Program ODP (Operator Development Program) PT. PIM

ACEH UTARA : 10 AGUSTUS 2016

Begitu banyak pengangguran dizaman yang serba modern ini dikarenakan kualitas SDM yang kurang memenuhi persyaratan untuk diterima disebuah perusahaan atau instansi. Melihat kondisi seperti itu, dalam rangka mengurangi angka pengangguran yang semakin meningkat dan untuk menyiapkan tenaga kerja siap pakai serta mampu bersaing dengan pekerja lainnya dimasa yang akan datang, PT. Pupuk Indonesia (PI) holding menginstruksikan kepada PT. PIM untuk melaksanakan program ODP (Operator Development Program), yaitu salah satu program perusahaan yang bertujuan untuk melatih masyarakat lingkungan khususnya yang berusia remaja dalam hal pengoperasian dan pemeliharaan pabrik.

Program ODP diikuti oleh remaja lingkungan perusahaan dengan jumlah total peserta yang diterima sebanyak 100 orang dari keseluruhan Desa Lingkungan. Setelah dinyatakan lulus seleksi berkas oleh panitia penyeleksi, sebagai langkah awal para peserta diwajibkan untuk mengikuti SUSBINTAL (Kursus Bimbingan Mental) di Rindam IM selama 60 hari. Dilanjutkan dengan kegiatan pemberian materi (class room) mengenai kepabrikan dan lainnya yang dilaksanakan di Gedung Diklat PT. PIM.

Kegiatan pelatihan ini berjalan selama kurang lebih 1 tahun. Fasilitas yang didapat oleh peserta yaitu uang saku, jaminan kesehatan dari BPJS serta bagi peserta yang mampu dan berhasil mengikuti pelatihan ini dengan baik maka akan diberikan sertifikat.

Management PT. PIM tidak menjanjikan kepada peserta untuk diterima sebagai karyawan setelah pelatihan dilaksanakan, kalaupun nantinya PT. PIM melakukan rekrutmen karyawan baru maka bagi peserta yang telah mengikuti program ODP, mereka juga harus melewati tes seleksi sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Pada tanggal 08 Agustus 2016, bertempat di Rindam Iskandar Muda Mata Ie Banda Aceh telah dilaksanakan serah terima peserta ODP yang telah dinyatakan lulus. Upacara serah terima dimulai pada pukul 09.00 Wib. Turut hadir GM. SDM, Bpk. M. Taufik serta jajarannya sebagai perwakilan dari management PT. PIM. Dalam sambutannya Inspektur Upacara menyampaikan bahwa Susbintal adalah tempat untuk membentuk karakter seseorang yang polos, menjadi seorang yang tangguh, memiliki disiplin, kesetia kawanan/loyalitas terhadap corps/bangsanya, rela berkorban, keberanian membela haknya serta memiliki ethos kerja yang tinggi. “Kami mengharapkan kepada seluruh peserta ODP agar apa yang telah didapat dari Susbintal selama dua bulan ini dapat diterapkan pada saat kalian sudah berada di PT. PIM dan tidak hanya beberapa bulan akan tetapi bersifat permanen” tegasnya diakhir pembicaraan.