IMPLEMENTASI ERP SAP ”Human Capital Management (HCM)”

Aceh Utara : 11 April 2016

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) kini sudah digunakan oleh berbagai macam bidang kehidupan. Mengingat semakin besarnya kebutuhan akan pengelolaan informasi secara tepat. Sebuah perusahaan dagang maupun jasa, di dalamnya telah memiliki struktur organisasi dengan berbagai macam bagian untuk penyelesaian akan tugas-tugas tertentu sehingga semua informasi pada setiap bagian harus saling terintegrasi dan selalu up to date.

Vendor ERP nomor satu dunia “SAP” menawarkan berbagai macam modul yang bisa dipakai di sebuah perusahaan, salah satu yang paling sering digunakan yaitu modul Human Capital Management (HCM) menimbang karena pengadaan atas sumber daya manusia berkualitas di perusahaan sangat penting demi keberlangsungan kinerja perusahaan. Melalui sistem SAP HCM ini, sebuah perusahaan dapat mengelola sumber daya nya secara lebih teratur, dimana pengelolaan data karyawan terkait data pribadi, absensi, pelatihan, gaji dan insentif dapat diperoleh secara real time. Selain itu, tools di SAP HCM memungkinkan dilakukannya decision-making dan performance measure yang lebih akurat.

Integrasi siklus HCM ini juga memberikan keuntungan dalam pengambilan keputusan oleh para eksekutif mengenai promosi, penggajian, dan insentif serta mempermudah dalam pengukuran kinerja karyawan melalui catatan absensi karyawan, prestasi yang dicapai karyawan, dan sebagainya.

Dengan pemanfaatan konsep ERP khususnya pada modul Human Capital Management (HCM)membantu perusahaan mengintegrasikan data yang berhubungan dengan sumber daya yang ada dalam sebuah universitas.
Human Capital Management (HCM) merupakan upaya untuk mengelola dan mengembangkan kemampuan manusia untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi secara kinerja, Human Capital Management (HCM) juga dapat menciptakan nilai melalui orang dan merupakan filosofi pembangunan manusia.
Tepat setelah Go Live nya ERP PIM pada 4 Mei 2016 lalu, kini Tim ERP PIM mengadakan implementasi penerapan modul HCM (11-14/04) di Ruang Teuku Umar Gedung Pertemuan. Diikuti oleh seluruh karyawan (ti) dari tiap Departemen yang dibagi ke dalam beberapa sesi. Tujuan dari kegiatan ini yaitu agar karyawan (ti) dapat memfungsikan sistem yang baru diterapkan sehingga dapat berjalan dengan baik. Banyak pertanyaan bermunculan pertanda begitu besar keingintahuan karyawan (ti) pada sistem baru ini. Memang terlihat sedikit membingungkan namun itu adalah hal yang biasa yang dihadapi oleh siapapun ketika mendapati sesuatu yang baru, tapi yakinlah dengan ERP SAP, InsyaAllah PT PIM akan mampu bersaing dengan kompetitor-kompetitor yang lain baik di dalam maupun luar negeri. (Hbb - Humas)