Pelaksanaan Perayaan Bulan K3 Nasional PT PIM

Krueng Geukueh, 15 Maret 2016 

Budaya K3 merupakan bagian integral dalam pembangunan nasional dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan, oleh karena itu perlu dikembangkan oleh semua pihak secara terus menerus. Secara umum definsi K3 merupakan salah satu aspek perlindungan ketenagakerjaan dan merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja yang ruang lingkupnya telah berkembang sampai keselamatan dan kesehatan masyarakat secara nasional. Oleh karena itu, dalam kondisi apapun K3 wajib untuk dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan standar yang berlaku baik standar nasional maupun internasional, terlebih di era global standar K3 menjadi salah satu aspek penting untuk memenangkan persaingan.

Seteleh sebelumnya Panitia Perayaan bulan K3 Nasional melaksanakan penyuluhan K3 bagi ibu-ibu PIKPIM (14/3) di Ruang Teuku Umar Gedung Pertemuan, maka pada hari ini (15/3) bertempat di Pendopo dan Lapangan Upacara PT PIM, secara serentak kembali dilaksanakan berbagai macam kegiatan dalam rangka Perayaan Bulan K3 Nasional, kegiatan diikuti oleh seluruh karyawan/ti PT PIM dengan suka ria bersama.

Setiap tahun PT PIM melaksanakan  Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). Penetapan bulan K3 dimulai pada tanggal 12 Januari s/d 12 Februari. Tema bulan K3 untuk tahun 2016 adalah  “Tingkatkan Budaya K3 untuk mendorong produktivitas dan daya saing di pasar Internasional “. Seperti tahun - tahun sebelumnya, untuk menyemarakkan Bulan K3 Nasional, PT PIM  mengisi kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengenalan, kesadaran, penghayatan dan pengamalan K3 sehingga membudaya di kalangan dan level karyawan perusahaan. Adapun kegiatan-kegiatan K3 yang dilaksanakan berupa perlombaan yang di ikuti oleh seluruh karyawan PT PIM seperti :

  1. Lomba Karya Tulis dan Poster K3
  2. Lomba Rangking 1 K3
  3. Stand Up Safety Talk
  4. Fire Fighting Contest
  5. Tarik Tambang
  6. Senam Jantung Sehat
  7. Penyuluhan K3 untuk ibu-ibu PIK (Persatuan Istri Karyawan)

Dimulai dengan sambutan Dirprotekbang, Bpk. Dwi Satriyo Annurogo, “Dalam bekerja setiap orang harus mempunyai jiwa dan raga yang sehat, untuk sehat kita harus semangat dan bugar, untuk mempertahankan kebugaran tubuh maka laksanakanlah senam” tungkasnya. Pada saat sambutan berakhir Senam Jantung Sehat dalam rangka Bulan K3 Nasional pun dimulai. Sembari mengumumkan pemenang perlombaan dari kegiatan yang digelar, panitia juga mengumumkan 3 (tiga) orang Karyawan yang termasuk dalam katagori Karyawan Sehat Tahun 2015, yaitu :

- Muhammad Taufik (T-041649, Dept. Pemeliharaan)

- Masykur (T-122060, Dept. Pemeliharaan)

- Lutfillah (T-13209, Dept. K3 & LH)  

Kriteria penilaian Karyawan Sehat meliputi :

  1. Hasil pemeriksaan kesehatan berkala 2 (dua) tahun terakhir menunjukkan nilai    normal semua (termasuk berat badan)
  2. Tidak merokok
  3. Aktif dalam kegiatan olahraga
  4. Biaya perawatan kesehatan rendah

Semoga dengan adanya pemilihan karyawan sehat ditiap tahunnya maka dapat kita jadikan sebagai bahan motivasi untuk tetap selalu membiasakan hidup sehat kapanpun dan dimanapun. (Faisal-Humas)