PT. PUPUK ISKANDAR MUDA MERAIH PROPER BIRU

Aceh Utara : 30 Januari 2015

(Penerimaan Sertifikat Proper Biru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, 28 Januari 2015)

Pada tahun 2014 PT. PIM  mendapat kebanggaan dengan meraih peringkat “BIRU: pada Program  Penilaian  Kinerja Perusahaan  dalam Pengelolaan Lingkunga Hidup. ( PROPER ). Pengumuman perolehan proper Biru kepada PT PIM dilaksanakan bersamaan dengan perusahaan lain pada tanggal  2 Desember 2014 lalu di Jakarta oleh Menteri Lingkungan Hidup Ibu Siti Nurbaya kepada secara Direktur Utama PT PIM Eko Sunarko. Sertifikat proper biru tersebut kemudian diserahkan oleh Kepala Bapedal Aceh kepada PT PIM secara resmi pada tanggal 28 Januari 2015.

Kepedulian lingkungan merupakan salah satu tanggung jawab dan sikap karyawan PT. Pupuk Iskanadar Muda, oleh karena itu Pimpinan PT. PIM bertekad untuk melaksanakan kegiatan industri berwawasan lingkungan yang berkelanjutan melalui pengelolaan sumber daya secara efisien dan bijaksana agar memberi manfaat bagi masyarakat dan menjamin bahwa kegiatan tersebut dapat diterima oleh umum, serta mencegah pencemaran terhadap lingkungan dengan memenuhi semua peraturan perundangan dan persyaratan yang berlaku.  

Sejak tahun 2011 PT. PIM telah membangun sistem manajemen terintegrasi salah satunya, sistem Manajemen Lingkungan dan SMK3 yang berhasil disertifikasi pada tahun 2012.

PT. PIM terus berusaha dengan sungsuh-sungguh untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan demi pencapaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup, dengan membangun semua sistem yang menyangkut Lingkungan, salahsatunya membangun sistem Instalasi Pengolahan Air Limbah yang lebih sempurna, sehingga sebelum air limbah dibuang dipastikan memenuhi Baku Mutu yang dipersyaratkan, mengelola limbah B3 sesuai peraturan yang berlaku, melakukan penghijauan diberbagai tempat termasuk  disepanjang daerah aliran sungai Peusangan, menjaga ekosistem dan keanekaragaman hayati serta menyiapkan SDM yang handal dengan mengikuti berbagai pelatihan dan secara berkala meminta bimbingan teknis dari Bapedal Aceh.

Alhamdulillah pada tanggal 02 Desember 2014 PT. PIM mendapat undangan dari Kantor Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, untuk menghadiri malam Anugerah Lingkungan PROPER 2014 yang penyerahannya dilakukan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia serta Mentri Negara Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.  Hadir secara langsung pada acara tersebut Bapak Direktur Utama dan Direktur SDM & Umum  PT.Pupuk Iskandar Muda (Persero).

PT. PIM bertekat untuk mempertahankan PROPER BIRU yang baru diraih  dan melakukan upaya dengan maksimal dalam mengelola lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan untuk tujuan selanjutnya PROPER HIJAU,  Insya Allah