PT PIM Respon Unsyiah

Waspada : 04 Februari 2013

Lhokseumawe (Waspada) : para Direksi PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) merespon positif keinginan Unsyiah untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan. Bentuk kerjasama tersebut yakni memperbolehkan Unsyiah untuk mengirimkan mahasiswa magang dan melakukan penelitian di pabrik pupuk tersebut.

Begitu juga sebaliknya, Unsyiah memperbolehkan PT PIM untuk mengirimkan karyawannya guna melanjutkan pendidikan di Universitas tertua di Provinsi Aceh itu. Direncanakan penandatanganan MoU kerjasama tersebut dilakukan bertepatan pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-31 PT PIM. Penandatanganan kesepahaman dilakukan bersama Dirut PT PIM dan Rektor Unsyiah.

Kerjasama ini kami nilai cukup bermanfaat karena sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak. Keuntungan bagi kami, PIM dapat mengirimkan staf-staf muda untuk melanjutkan pendidikan di Unsyiah. Keuntungan bagi Unsyiah, memberikan kesempatan dosen-dosen mengaplikasikan teori dengan praktik dilapangan yang dapat memberikan pengalaman berharga yang dapat ditularkan kepada mahasiswa saat memberikan kuliah,”kata Direktur SDM & Umum, Usman Mahmud, didampingi Sekretaris Perusahaan, Teuku Sya’ban Daud, Minggu(3/2)

Permintaan kerjasama tersebut disampaikan Izarul Machdar, Ketua Jurusan Teknik Kimia Unsyiah dalam kunjungannya ke PT PIM, Kamis (31/1). Selain Izarul juga hadir Sulaiman, Kepala Lab Teknik Mesin dan Abdullah, dari Jurusan Teknik Mesin.

Kata Izarul, Unsyiah saat ini memiliki banyak tenaga ahli dengan predikat Doktor dan atau Master yang dinilai data dimanfaatkan ilmunya untuk kemaslahatan umat. Sementara PT PIM memiliki pabrik pupuk yang besar dan canggih hendaknya dapat dimanfaatkan Unsyiah untuk melakukan penelitian yang hasilnya bermanfaat bagi masyarakat.

Teuku Sya’ban Daud mengatakan, pada dasarnya hubungan kerjasama antara PT PIM dengan Unsyiah telah terjalin cukup lama, namun masih dalam scope yang terbatas yakni dalam rangka penerimaan tenaga kerja. Kedepan direncanakan hubungan tersebut akan lebih diperluas lagi.

“Kita berharap kerjasama semacam ini dapat dikembangkan kepada universitas lain di Aceh ataupun diluar Aceh,”harap Sya’ban Daud.

(b18)