PIM Gelar Diagnostic Assessment Pengendalian Fraud

KRUENG GEUKUEH: 15 OKTOBER 2019

PT Pupuk Indonesia (Persero) bekerjasama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk melakukan Diagnostic Assessment Pengendalian Fraud dalam menyusun Fraud Control System dan Bimbingan Teknis Fraud Control System pada Pupuk Indonesia Group.

Sosialisasi Fraud Control Plan kerjasama PT Pupuk Iskandar Muda, Perwakilan BPKP Aceh, dan Deputi Bidang Investigasi BPKP Pusat telah dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 2019 di PT Pupuk Iskandar Muda, dengan narasumber Ibu Agustina Arumsari selaku Direktur Investigasi BUMN dan BUMD.

Diagnostic Assesment Pengendalian Fraud pada PT Pupuk Iskandar Muda dilakukan oleh Perwakilan BPKP Aceh sesuai Berita Acara Kesepakatan yang ditandantangani oleh Bapak Ikhwan Mulyawan selaku Kepala Perwakilan BPKP Aceh dan Bapak Husni Achmad Zaki selaku Direktur Utama PT Pupuk Iskandar Muda pada tanggal 23 Juli 2019 di Kantor PT Pupuk Indonesia (Persero), dimana Perwakilan BPKP Aceh akan membantu PT Pupuk Iskandar Muda dalam mengimplementasikan Fraud Control Plan.

Pada tanggal 8 Oktober 2019, pembukaan kegiatan Diagnostic Assessment Pengendalian Fraud pada PT Pupuk Iskandar Muda dibuka oleh Bapak Rochan Syamsul Hadi selaku Direktur Komersil PT Pupuk Iskandar Muda. Pembukaan tersebut dihadiri pula oleh General Manager dan Manager PT Pupuk Iskandar Muda. Dari Perwakilan BPKP Aceh hadir Bapak Ikhwan Mulyawan (Kepala Perwakilan) dan Bapak Ambal Riyanto (Korwas Bidang Investigasi) serta lima orang Auditor lainnya yang ditugaskan untuk melaksanakan Diagnostic Assessment pada PT Pupuk Iskandar Muda.

Adapun tujuan Diagnostic Assessment Pengendalian Fraud diantaranya adalah untuk meningkatkan penerapan Tata Kelola yang baik terutama dalam mengontrol dan mencegah terhadap terjadinya suatu tindakan fraud yang dapat merugikan Perusahaan secara financial maupun dapat mempengaruhi kinerja Perusahaan secara keseluruhan, serta output dari kegiatan tersebut mencakup Hasil Fraud Risk Assessment dan Hasil Penilaian Atribut Fraud Control Plan yang memuat uraian terkait apa yang telah dimiliki Perusahaan dalam rangka mencegah terjadinya fraud beserta tindak lanjut yang akan dilakukan oleh Perusahaan terkait kelemahan yang teridentifikasi.