Panen Perdana Jagung Hibrida Program Tani Sejahtera CSR PT PIM

KRUENG GEUKUEH : 21 MARET 2019

Seluas 2,5 hektar dari 11 hektar luas lahan jagung hebrida binaan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) di Dusun V Urong Bugeng, Desa Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, panen perdana, Kamis (21/3).

Memanfaatkan lahan tidur serta mendukung ketahanan pangan perusahaan logo ‘Gajah Putih’ ini melalui Coorporate Social Responsibility (CSR) Program Tani Sejahtera (PTS) dan Kelompok Berkat Tani mampu produksi 8 ton per hektar.

“Panen perdana jagung adalah bentuk keberhasilan petani dan program CSR PT PIM dalam melaksanakan usaha pertanian, sehingga diharapkan dapat mendorong dan memotivasi petani agar terus meningkatkan kualitas usaha taninya,” kata General Manager Umum Yuanda Wattimena mewakili Direksi.

Yuanda didampingi Manager Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) dan CSR, Zulhadi lebih lanjut disebutkan, Kampung Jagung Dusun Urong Bugeng pada tahun 2018 menjadi Pilot Project PTS PT PIM yang diarahkan menjadi sentral penghasil jagung di Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, mengingat struktur tanah di daerah ini sangat cocok untuk ditanam tanaman jagung.

Saat ini jumlah anggota kelompok tani tersebut sudah 25 orang, yang rata-rata sebelumnya berprofesi sebagai petani padi dan peternak sapi.

Focus utama Program ini adalah pada peningkatan hasil panen untuk areal demplot pupuk NPK yang sinergi dengan pengembangan proyek NPK PT PIM.

Realisasi bantuan untuk program PTS “Kampung Jagung Dusun V Urong Bugeng” pada tahun 2018 sebesar Rp. 22 juta yaitu bantuan untuk penyediaan sarana air bersih berupa sumur bor, bantuan pupuk dan bibit jagung unggul.

Program Tani Sejahtera (PTS) merupakan wujud kontribusi PT PIM untuk mensejahterakan petani dan menciptakan ketahanan pangan di masyarakat melalui penyediaan akses sarana dan prasarana, peralatan pertanian, kebutuhan bibit unggul dan pupuk serta permodalan agar dapat meningkatkan produksi hasil panen.