RANGKAIAN KEGIATAN GERNAS BULAN K3

KRUENG GEUKUEH : 14 FEBRUARI 2018

Dalam rangka memperingati Gernas Bulan K3, Departemen K3 & LH PT Pupuk Iskandar Muda mengadakan serangkaian kegiatan diantaranya Pelatihan Penanggulangan Keadaan Darurat untuk Masyarakat, Siswa dan Mahasiswa.

Pelatihan Penanggulangan Keadaan Darurat untuk Masyarakat, Siswa dan Mahasiswa berlangsung selama dua hari terhitung dari tanggal 14 s/d 15 Februari 2018. Bertempat di Gedung Diklat PT Pupuk Iskandar Muda, pelatihan diikuti oleh 40 orang peserta yang merupakan perwakilan dari masyarakat enam desa sekitar perusahaan (Tambon Baroh, Tambon Tunong, Kd. Krueng Geukueh, Paloh Gadeng, Blang Naleung Mameh, Blang Mee), Dusun Madat, perwakilan siswa dari SMA PIM, perwakilan mahasiswa dari Universitas Malikussaleh, Politeknik Lhokseumawe, IAIN Malikussaleh Lhokseumawe, dan perwakilan dari IRPIM (Ikatan Remaja Pupuk Iskandar Muda).

Selaku Ketua Panitia untuk Bulan K-3 Nasional tahun 2018 adalah Bpk Azhari dari Departemen K3. Tujuan dari pelatihan ini untuk menciptakan dan mendorong terbentuknya masyarakat yang berkarakter K3 dan Tanggap dalam setiap kondisi kedaruratan, sehingga  harapan kedepan dapat menekan kasus kebakaran dan kecelakaan yang intensitas Saat ini masih sangat tinggi,  apabila penanganan kebakaran ditanggulangi dengan tepat, dan seluruh orang yang dilokasi mengetahui apa yang seharusnya dibuat, maka penanggulangan bisa dilakukan dengan cepat, dan kerugian akan dampak dari kebakaran bisa di minimalisir, begitu juga dengan penanggulangan kecelakaan.

Materi yang diberikan kepada para peserta berupa teori dan praktek meliputi, pertolongan pertama pada kecelakaan (first Aid) dan materi penanggulangan kebakaran yang disampaikan sejumlah instruktur yang berpengalaman dan professional di bidangnya.

Kepada para utusan masing-masing desa binaan PT PIM, pihaknya menilai akan menjadi orang terdepan, jika terdapat keadaan darurat di wilayahnya. Untuk itu kami mengharapkan dalam pelatihan ini hendaknya diikuti dengan serius, semoga ALLAh SWT meridhoi niat baik dan usaha kita untuk membantu sesama manusia.

Sebelumnya, Departemen K3 & LH PT Pupuk Iskandar Muda juga telah melakukan roadshow ke sekolah-sekolah tingkat SMA di Lhokseumawe dan Aceh Utara untuk menyampaikan Sosialisasi K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dengan materi Kesehatan: Bahaya HIV/AIDS dan Keselamatan: Safety Students.  Roadshow berlangsung sejak tanggal 8-10 Februari 2018 dengan mengunjungi beberapa sekolah yaitu SMA PIM, SMA Negeri 2 Lhokseumawe, SMA Negeri 1 Dewantara, MAN 3 Aceh Utara, dan MAN 1 Lhokseumawe. []