PT PIM Bangun Investasi Baru Rp 3,4 T di KEK Arun

SERAMBI INDONESIA : 22 DESEMBER 2017

PT Pupuk Iskandar Muda sebagai salah satu anggota konsorsium pengusul KEK Arun Lhokseumawe mengaku puas dengan kinerja Pemerintah Aceh yang telah berhasil mewujudkan bekas Kawasan Industri Lhokseumawe menjadi KEK.

Direktur Utama PT Pupuk Iskandar Muda, Achmad Fadhiel menyatakan, perusahaan yang dipimpin olehnya merasa bangga atas berdirinya KEK Arun Lhokseumawe. “Tentunya saya mengapresiasi kerja keras berbagai pihak yang terlibat, mudah-mudahan masyarakat dapat kembali merasakan masa kegemilangan wilayah Arun di mana pusat perindustrian tumbuh subur dan aktif serta memberikan sumbangan terhadap peningkatan ekonomi daerah,” katanya.

PT Pupuk Iskandar Muda, jelas Achmad Fadhiel, optimis terhadap perkembangan KEK di masa mendatang dan menyatakan ingin maju sebagai pelopor revitalisasi kawasan tersebut dengan membangun investasi baru, berupa pembangunan pabrik pupuk NPK. Terutama setelah melakukan kunjungan kerja ke Jordania untuk bertemu dengan Chairman of the Board Jordan Phosphate Mines Co. Plc (JPMC), Prof Mohammad Thneibat di Kantor Pusat JPMC, Amman, 12 Desember 2017.

Dalam pertemuan dengan JPMC, Achmad Fadhiel mengatakan, PT Pupuk Iskandar Muda telah menandatangani kesepakatan rencana pemben- tukan Joint Venture Company antara JPMC, Pupuk Kaltim, dan PIM untuk membangun pabrik asam fosfat kapasitas 200.000 ton per tahun, asam sulfat 300.000 ton per tahun, aluminum florida 12.000 ton per tahun dan purified gypsum 1,1 juta ton per tahun dengan nilai investasi sebesar Rp 3,4 triliun di KEK Arun Lhokseumawe.

Pihaknya optimis dengankeberadaan KEK Arun Lhokseumawe, program reaktivasi pabrik PIM 1 dan investasi joint venture tersebut mampu merevitalisasi iklim industri di Aceh dan bangkit kembali seperti arahan Presiden RI Ir Joko Widodo pada peresmian Pupuk Kaltim 5 di Bontang 19 November 2015 dan Peresmian PLTG PLN pada 2 Juni 2016 di Lhokseumawe.(*)

 

http://aceh.tribunnews.com/2017/12/22/pt-pim-bangun-investasi-baru-rp-34-t-di-kek-arun