Pupuk Indonesia Bangun Pabrik Pupuk NPK Awal 2018

KONTAN.co.id : 23 Oktober 2017

JAKARTA - PT Pupuk Indonesia bakal mulai membangun dua pabrik pupuk NPK di Cikampek dan Palembang pada awal tahun depan.

Direktur Keuangan PT Pupuk Indonesia, Indarto Pamoengkas mengatakan, sampai saat ini rencana pembangunan pabrik sudah masuk dalam tahap pengkajian atas feasibility study yang disusun.

"Mudah-mudahan akhir tahun ini sudah diputuskan dan pembangunan dimulai tahun depan," kata Indarto kepada Kontan.co.id, Minggu (22/10).

Sebelumnya, Indarto pernah bilang, perseroan ini akan menambah produksi pupuk NPK di kelima pabrik pupuk yang ada di daerah, seperti PT pupuk Iskandar Muda di Aceh, PT Pupuk Sriwijaya di Palembang, PT Pupuk Kujang di Cikampek, PT Pupuk Kalimantan Timur di Bontang, dan PT Petrokimia di Gresik, Jawa Timur.

Pembangunan kelima pabrik itu akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, pembangunan akan dimulai dari pabrik Cikampek dan Palembang. Menurut Indarto, total investasi yang digunakan untuk pembangunan pabrik pupuk NPK tidak terlalu besar.

"Kedua pabrik itu kurang lebih Rp 1 triliun dengan kapasitas produksi masing-masing 500.000 ton," imbuhnya. Kedua pabrik tersebut ditargetkan akan selesai pada tahun 2019.