KEK Arun Magnet Baru Lapangan Kerja

Antara Aceh : 25 September 2017

Lhokseumawe - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun, Kabupaten Aceh Utara, bakal menjadi magnet baru lapangan kerja di Provinsi Aceh.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Lhokseumawe Amiruddin di Lhokseumawe, Senin (25/9) mengatakan, bila KEK Arun berjalan maka dapat dipastikan kebutuhan tenaga kerja sangat banyak.

Dikatakan, dengan kehadiran KEK tentu saja akan melahirkan berbagai jenis industri dan usaha baru di kawasan khusus itu.

Bahkan, lanjut dia, bukan saja di bidang industri yang lahir, akan tetapi ikut berdampak terhadap perubahan ekonomi sekitar kawasan.

Terkait bakal banyaknya serapan tenaga kerja, kata Amiruddin, pihaknya sangat mengharapkan kepada angkatan kerja di Kota Lhokseumawe supaya dapat bersaing mengisi berbagai lowongan pekerjaan yang akan dibutuhkan nanti.

Apalagi, sebutnya, di Lhokseumawe selain lulusan tingkat SMA sederajat, juga banyak lulusan berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta yang siap bekerja.

Oleh karena itu, peluang kebutuhan tenaga kerja di KEK Arun dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

"Peluang ini harus dimanfaatkan oleh warga Lhokseumawe dalam mengisi berbagai pekerjaan sesuai dengan kebutuhan lapangan pekerjaan," ujar Amiruddin.

Bahkan, sebut dia, untuk mencukupi kebutuhan tenaga kerja dimasa mendatang yang handal dan kompetitif, Pemko Lhokseumawe sedang mengusahakan membangun Balai Latihan Kerja (BLK) Terpadu.

"Kita sedang mengupayakan membangun BKL Terpadu yang dapat mendidik calon tenaga kerja dengan berbagai keahlian dan keterampilan kerja yang dapat mengisi bursa tenaga kerja dimasa mendatang," terang Amiruddin.