Wilayah Barat Aceh Utara Langka Pupuk Urea

Go Aceh : 07 Agustus 2017

Memasuki musim tanam rendeng 2017 kembali terjadi kelangkaan pupuk subsidi jenis urea. Kelangkaan ini telah terjadi sejak awal Juli lalu di beberapa kecamatan di wilayah barat Aceh Utara.

Salah seorang petani di Meunasah Pulo Kecamatan Sawang, Mudin (33) kemarin mengatakan sangat susah mendapatkan pupuk dalam beberapa pekan ini, sementara saat ini sedang puncaknya musim tanam. Dia meminta dinas terkait dan penyalur baik kios maupun distributor agar memenuhi permintaan petani.

"Di desa saya kemarin pernah kosong tidak ada sama sekali pupu urea. Sedangkan kami sangat membutuhkan. Mungkin tidak pernah kejadian lagi," ucapnya.

Hal senada disampaikan M Yusuf (49) di kawasan Jamuan Kecamatan Banda Baro juga terjadi kelangkaan pupuk urea sejak pertengahan Juli lalu. Bahkan dia sempat mencari pupuk sampai ke Sawang juga tidak ada.

Salah seorang pemilik kios di Kecamatan Sawang menyebutkan, kelangkaan pupuk ini sudah terjadi sejak awal Juli lalu. Sementara pihaknya telah menebus pupuk ke distributor. Namun hingga sekarang belum ada juga dikirim ke kios pada umumnya di daerah itu.