Pupuk Indonesia Grup Teken Kerja Sama Asuransi Bersama

REPUBLIKA.CO.ID : 26 Juli 2017

JAKARTA -- PT Pupuk Indonesia (Persero) Grup menjalin kerja sama dengan PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) dan Konsorsium Asuransi mengenai Asuransi Bersama untuk operasional Aset PT Pupuk Indonesia (Persero) Grup. Apalagi, industri pupuk merupakan industri yang berteknologi tinggi dan mengandung cukup banyak risiko dalam segala aktivitasnya.

Konsorsium asuransi yang terlibat di dalamnya terdiri dari PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero), PT Asuransi Ramayana Tbk., PT Tugu Pratama Indonesia, PT Asuransi Central Asia, PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero), PT Asuransi Jasa Raharja Putera, PT Asuransi Bangun Askrida, PT Asuransi ASEI Indonesia dan PT Asuransi Wahana Tata dengan PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) sebagai leader.

Adapun anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (persero) yang  berpartisipasi pada pengadaan Asuransi Bersama Tahap I sebanyak sembilan perusahaan yaitu PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Kujang, PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Pupuk Iskandar Muda, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, PT Rekayasa Industri, PT Mega Eltra, PT Pupuk Indonesia Energi, PT Kaltim Daya Mandiri. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan Perjanjian kerjasama oleh para Direktur Utama dari Pupuk Indonesia Grup dengan Leader dan Member Konsorsium Asuransi, Rabu (26/7) di Jakarta.

“Pengadaan asuransi bersama ini dilakukan  dalam rangka memberikan kontribusi  pada program program efisiensi (Cost Reduction Program/CRP) dan sinergi di lingkungan Pupuk Indonesia Grup,” kata Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat, dalam keterangannya yang disampaikan kepada Republika.co.id, Rabu (26/7).

Kerja sama Pupuk Indonesia Grup dengan Konsorsium Asuransi meliputi perlindungan dalam hal Industrial All Risks, Earthquake Insurance, Machinery Breakdown Insurance, Contractor Plant & Machinery Insurance, Civil Engineering Completed Risks Insurance serta perluasan jaminan lain atas insiden seperti Typhoon, Storm, Flood, Water Damage dan Riot, Strike, Malicious Damage and Civil Commotion dan lain-lain.

“Kegiatan operasional di tiap anak perusahaan, khususnya pupuk, memiliki karakteristik yang sebagian besar mirip dan kebijakan pengadaan bersama ini telah terbukti cukup efektif dalam menekan biaya-biaya operasional perusahaan. Sehingga, sejalan dengan kebijakan kita untuk melakukan efisiensi, dan yang terpenting, dapat memberikan hasil sesuai harapan Perusahaan,” Kata Aas Asikin.

“Industri pupuk merupakan industri yang berteknologi tinggi dan mengandung cukup banyak risiko dalam segala aktivitasnya, dengan asuransi akan memberikan perlindungan yang memadai atas berbagai risiko dalam kegiatan operasional perusahaan, perjanjian kerjasama asuransi bersama ini meliputi asuransi untuk semua risiko industri, hingga asuransi untuk bencana alam.” Kata Aas Asikin.

Pupuk Indonesia merupakan produsen pupuk dan petrokimia lainnya yang terbesar di Asia Tenggara, dimana sebanyak 100 persen sahamnya dikuasai oleh negara. Pupuk Indonesia yang merupakan strategic and investment holding yang memiliki sejumlah anak usaha, antara lain PT Pupuk Iskandar Muda, PT Pupuk Sriwidjaja, PT Pupuk Kujang, dan PT Pupuk Kalimantan Timur. Selain itu, anak usaha lainnya adalah PT Petrokimia Gresik, PT Rekayasa Industri, PT Pupuk Indonesia Pangan, PT Mega Eltra, PT Pupuk Indonesia Logistik, dan PT Pupuk Indonesia Energi.