Tipu 15 Orang, Pria Ini Ditangkap seusai Dirawat di Rumah Sakit

KOMPAS.COM : 15 JANUARI 2017

Satuan Reserse dan Kriminal Polres Lhokseumawe menangkap tersangka pelaku penipuan dengan modus mengurus pekerjaan.

Pelaku berinisial MU (32) diringkus setelah keluar dari sebuah rumah sakit di Lhokseumawe.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Lhokseumawe, AKP Yasir, Minggu (15/1/2017), menyebutkan, warga Keudee Cunda, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, itu telah menipu 15 orang dengan menjanjikan para korbannya bisa bekerja di PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) Aceh Utara.

Yasir menjelaskan, para korban diminta uang antara Rp 1,8 juta hingga Rp 6 juta per orang agar mereka bisa bekerja di PT PIM. Namun kenyataannya, mereka tak juga bekerja di perusahaan pupuk tersebut.

Lalu, sejumlah korban mendatangi rumah kos tersangka di kawasan Cunda, Lhokseumawe.

“Empat hari lalu, korban mendatangi rumah kosnya. Di sana dilihat korban sedang terbaring lemas karena sakit. Dari sanalah korban sadar bahwa mereka ditipu karena melihat berkas lamaran kerja mereka menumpuk di kamar rumah itu,” kata Yasir.

Untuk menyakinkan korbannya, pelaku sempat membuat kartu tanda karyawan PT PIM palsu dan stempel PT PIM palsu.

“Dia juga membuat kwitansi tanda terima setoran, dan distempel dengan stempel PT PIM tapi itu palsu,” terangnya.

Meski mengetahui pelaku telah menipu korban, para korban kasihan dan megantarkannya ke sebuah rumah sakit di Lhokseumawe. Setelah mengantarkan pelaku, para korban langsung membuat laporan ke Polres Lhokseumawe.

“Dari sana terus kita pantau, begitu dia keluar rumah sakit langsung kita tangkap. Sekarang dia ditahan di Mapolres Lhokseumawe,” pungkasnya.