Polisi Kembali Ungkap Penipuan Modus Urus Kerja

SERAMBI INDONESIA : 14 JANUARI 2017

* 15 Korban Dijanjikan Bisa Bekerja di PT PIM

Polres Lhokseumawe kembali mengungkap dugaan penipuan bermodus bisa mengurus pekerjaan. Kasus terbaru ini dilakukan tersangka MU (32), asal Kampung Jawa, Kota Langsa. Ia memperdayai 15 warga dengan menjajikan bisa bekerja di PT Pupuk Iskandar Muda (PIM). Setiap korban menyerahkan uang Rp 1,8 juta hingga Rp 6 juta.

Sebelumnya, Polres Lhokseumawe sudah menangani dua kasus yang sama. Pertama, dua IRT asal Dewantara, Aceh Utara menipu belasan orang dengan dijanjikan masuk kerja di sejumlah rumah sakit di Lhokseumawe. Kedua, seorang wanita di Muara Dua menipu wanita lainnya dengan dijanjikan masuk kerja ke salah satu radio di Lhokseumawe.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Hendri Budiman, melalui Kasat Reskrim AKP Yasir SE, Jumat (13/1) mengatakan, kasus ketiga terjadi sejak September-Desember 2016. Tersangka MU, saat ini tinggal di kawasan Keude Cunda, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe. Setiap korban dijanjikan bisa diurus bekerja di PT PIM, tapi harus ada setoran.

“Ada yang setor Rp 1,8 juta, Rp 2 juta, Rp 3 juta, Rp 5 juta, bahkan Rp 6 juta. Tersangka juga membuat kwitansi bukti penyetoran dan distempel dengan stemple PT PIM yang palsu. Tersangka juga memberikan ID card kepada dua korban dan mengatakan sudah bisa bekerja mulai 9 Januari 2017,” kata AKP Yasir.

Menurut Yasir, kasus ini mulai terungkap saat sejumlah korban mendatangi kamar kost tersangka. Namun sampai di kost itu, korban menemukan tersangka sedang sakit. Di kamar tersangka korban menemukan surat lamaran kerja mereka. “Tersangka diantar ke rumah sakit. Setelah itu korban melapor dugaan penipuan itu ke Polres,” jelas Yasir.

Setelah menerima laporan, polisi langsung memeriksa para korban, dan beberapa hari setelah itu tersangka ditangkap. “Tersangka kita tangkap saat baru keluar dari rumah sakit empat hari lalu. Barang bukti yang kita amankan, 15 lembar kwitansi penyetoran uang, dua ID card PT PIM palsu dan satu stempel PT PIM palsu,” demikian AKP Yasir. []

 

http://aceh.tribunnews.com/2017/01/14/polisi-kembali-ungkap-penipuan-modus-urus-kerja