286 Korban Amonia PT PIM Terima Bantuan

SERAMBI : 10 DESEMBER 2016

Manajemen PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), Kamis (8/12), menyerahkan bantuan kepada 286 warga dari Desa Tambon Tunong, Tambon Baroh, dan Paloh Gadeng, Kecamatan Dewantara, yang terkena paparan amonia dari perusahaan tersebut beberapa waktu lalu.

Untuk 28 korban yang dirawat inap, selain diberikan bantuan berupa 15kilo beras, 2 kilo gula pasir, 2 liter minyak goreng dan 2 kilo susu, juga diberikan uang permalam dirawat Rp 500 ribu per orang. Sedangkan yang tidak dirawat 258 orang, diberikan bantuan sembako yang diantar ke rumahnya masing-masing.

Bantuan diserahkan Direktur SDM & Umum PT PIM, Usni Syafrizal di Rumah Sakit PIM, Kecamatan Dewantara, setelah para korban memeriksa kembali kondisi kesehatannya. Untuk diketahui, pada 13 November 2016, puluhan warga dari tiga desa tersebut sekitar pukul 18.00 WIB bertumbangan setelah mengalami pusing dan mual-mual karena diduga menghirup amonia yang bersumber dari PIM.

“Kami minta maaf setinggi-tingginya kepada seluruh warga yang terkena paparan amonia pekan lalu. Perlu diketahui bahwa kejadian ini bukan disengaja, tapi penyebabnya pabrik yang mengulah akibat pasokan gas yang tidak stabil. Sebagai rasa permohonan maaf, PIM memberikan semacam buah tangan berupa sembako dan uang,” ujar Usni.

Ia menyebutkan, pihaknya berharap doa bersama, agar kejadian ini tidak akan terulang lagi. Bagi para pasien paparan ammonia yang masih merasa kurang sehat dapat kembali untuk mengecek kesehatannya di RS PIM hingga sembuh total. []