Penandatangan Perjanjian Jual Beli Gas Antara Pertamina dengan PT PIM

Perjuangan panjang PT Pupuk Iskandar Muda  untuk mendapat pasokan gas untuk kebutuhan operasional Pabrik Ureaberbuah hasil yang sangat menggembirakan dengan ditandatanganinya Perjanjian Jual Beli Gas ( PJBG) antara Pertamina dengan PT.PIM yang bersumber dari Blok A ( Aceh Timur) yang dimulai  tahun 2015 sampai dengan 2018dengan harga  US $ 9,7/ BBTUD.

Pemerintah cq Kementerian ESDM & SKK Migas sudah mengarahkan sisa gas (tail gas) yang masih ada setelah masa operasi EMOI tahun 2014 untuk kebutuhan PT PIM.

EMOI diharapkan dapat mensuplai kebutuhan gas PT PIM dengan volume 54BBTUD untuk operasi 1 pabrik. Selanjutnya Pemerintah juga sudah mengarahkan sumber gas yang ada di Blok A (Aceh Timur) yang dikelola oleh Medco untuk kebutuhan PT PIM setara 54 BBTUD, untuk masa pasokan selama tahun 2019 sampai dengan tahun 2026. Dengan demikian PT PIM ke depan sudah mendapatkan kepastian suplai gas selama  kurun waktu 2015 sampai dengan 2026 dari pasokan EMOI dan Medco, walapun hanya mencukupi untuk operasional 1 pabrik. Dengan demikian mulai  tahun 2015 ke depannya, PT PIM sudah sedikit lega demi kelanjutan usaha korporasinya sebagai satu-satu industri kimia dasar yang masih beroperasi di Aceh, semoga…..