PT PIM Sumbang 329 Tenda dan 2 Ekor Sapi Meugang Untuk Korban Gempa

Waspada : 9 Juli 2013

Takengon : untuk meringankan beban masyarakat Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah pasca musibah gempa, PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menyerahkan bantuan 329 set tenda. Bantuan tersebut diserahkan langsung Dirut dan para Direksi PIM, Minggu (7/7). Bantuan itu diterima Irjen Pol Herman Efendi, Kapolda Aceh di Posko Bencana di Kecamatan Ketol, Minggu (7/7).

Eko sunarko, Direktur Utama PT Pupuk Iskandar Muda didampingi Usman Mahmud, Direksi dan Suryadi, Manager Humas, usai menyerahkan bantuan untuk kepedulian PT PIM terhadap masyarakat yang sedang dilanda musibah gempa bumi.

Diharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban yang sedang dialami masyarakat Bener Meriah dan Aceh Tengah sehingga para korban gempa dapat menempati tenda tersebut sehingga masyarakat tidak kedinginan, apalagi cuaca Aceh Tengah dan Bener Meriah sangat dingin di malam hari. Apalagi, besok (10/7) semua umat muslim melaksanakan ibadah puasa dibulan Ramadhan.

“memang jumlahnya tidak seberapa. Bantuan kita berikan semampu kita. Jumlah tenda yang kita bantu 259 set, tapi sebelumnya, setelah dua hari kejadian kita juga menyerahkan bantuan tenda sebanyak 70 set. Total tenda yang telah kita bantu 329 set” kata Eko Sunarko.

Selain tenda, kata Eko, PIM juga menyerahkan sejumlah bantuan lain, antara lain beras, minyak goreng, kain sarung, mi instan. Bukan hanya itu, selasa (9/7) pagi, PIM juga menyerahkan 2 ekor lembu untuk dipotong pada hari meugang (sehari sebelum puasa). Semua bantuan yang diberikan itu bersumber dari dana CSR PT PIM.

Herman Effendi, Kapolda Aceh, usai menerima bantuan dari PT PIM mengatakan, pihaknya telah menerima banyak bantuan dari berbagai pihak, semua jenis bantuan tersebut telah diserahkan kepada masing-masing kelompok untuk didistribusikan kepada korban.

“bantuan tenda ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Selama ini bantuan tenda masih cukup minim. Dengan adanya tenda, para korban dapat menempati tenda itu masing-masing KK,” kata Herma Effendi.

Irwandi Yusuf, mantan Gubernur Aceh, Minggu (7/7) dilokasi pengungsian di Kecamatan Ketol, Aceh Tengah mengharapkan, pemerintah pusat untuk segera memberikan berbagai bantuan yang dubutuhkan oleh masyarakat korban gempa, apalagi, Rabu (10/7) masyarakat muslim di Aceh dan Indonesia akan melaksanakan ibadah puasa.

Tentunya, pada saat itu banyak hal yang dibutuhkan termasuk peralatan sholat dan tempat ibadah darurat sebagai tempat untuk shalat terawih.

Ditanya bagaimana dengan persoalan rehab dan rekon, provinsi aceh itu mengatakan, persoalan rehab dan rekon merupakan kegiatan yang membutuhkan waktu panjang dan membutuhkan banyak anggaran.

“ini saya kira masih lama. Yang paling penting sekarang ini kita harus memberikan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan oleh mereka sebagai bantuan tanggap darurat. Sebagai masyarakat saya meminta pemerintah pusat mau menyatuhinya,'' katanya.

“saya juga telah menyerahkan sejumlah bantuan sembako sejak hari ke dua, kita juga membantu mesin genset dan InsyaAllah, selasa (9/7) kita ikut membantu daging meugang.