PIM Tanam 2.000 Batang Asam Jawa

Waspada : 30 Mei 2013

LHOKSEUMAWE (Waspada) : Penghijauan tidak bisa hanya diandalkan kepada alam saja, namun jga harus ada upaya manusia untuk melakukan penghijauan. Karena itu, PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), Selasa (28/5) melaksanakan kegiatan penanaman 2.000 batang pohon asam jawa manis di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Peusangan,Kabupaten Bireun.

Penanaman pohon asam jawa manis ini dilakukan PIM berkat kerjasama dengan para mahasiswa pecinta alam dari Universitas Almuslim. Mereka telah membuat sebuah kesepakatan untuk merawat pohon tersebut selama tiga tahun hingga dapat dipastikan pohon-pohon tersebut dapat tumbuh besar.

Masalahnya, Pohon asam jawa sangat lama untuk tumbuh besar. Awalnya saya sangat khawatir untuk menanam pohon asam jawa manis ini,tapi setelah adek-adek mahasiswa membuat perjanjian akan merawat selama tiga tahun,saya baru tenang. Masalahnya, menanam itu cukup gampang,tapi merawat tumbuh-tumbuhan ini susah sekali.” Kata Eko Soenarko, Direktur Utama PT PIM usai melaksanakan kegiatan penanaman pedana di bantaran sungai Peusangan.