Karyawan PIM Adakan Aksi

Serambi Indonesia : 2 Mei 2013

LHOKSEUMAWE- Ratusan karyawan PT  Pupuk Iskandar Muda (PIM) Krueng geukueh, Aceh utara, kemarin, melakukan aksi damai di depan pintu masuk perusahaan itu . Aksi yang sama juga dilakukan 70-an buruh dari Serikat buruh Aceh (SBA) Aceh utara dan Lhokseumawe bersama mahasiswa perwakilan BEM Wilayah II . Mereka , kemarin, berdemo ke gedung DPRK Aceh Utara dan Lhokseumawe .Rangkaian aksi itu dalam rangka menyambut hari buruh sedunia tahun ini .

Sekitar pukul 07.30 WIB, kemarin ratusan karyawan PT PIM mengelar aksi damai di pintu gerbang  masuk ke pabrik perusahaan itu. Mereka menempel sejumlah spanduk  di pagar perusahaan tersebut yang antara lain berisi desekan agar pemerintah mengutamakan pasokan gas untuk industri dalam negeri dan dapat mengoperasikan kedua pabrik yang ada di PT PIM.

Sementara itu , sekitar pukul 10.30 WIB, buruh dan mahasiswa mulai berkumpul di Lapangan Hiraq. Dengan mengusung sejumlah spanduk dan poster , mereka kemudian bergerak ke Gedung DPRK Aceh Utara. Di luar Gedung, pemdemo disambut Ketua Fraksi Gabungan DPRK Aceh Utara, Ridwan Yunus. Mereka antara lain meminta pemerintah memprioritaskan SDM daerah pada proyek-proyek vital, menciptakan lapangan kerja bagi pengangguran, dan mengaktifkan  kembali proyek-proyek vital yang ada di Lhokseumawe dan Aceh Utara.

Setelah itu, massa  dengan dikawal polisi berjalan kaki menuju Gedung DPRK Lhokseumawe.sesampai disana, mereka membacakan  petisi yang sama. Beberapa saat kemudian pendemo membubarkan diri secara tertib.

Ketuan Fraksi Gabungan DPRK Lhokseumawe, Ridwan yunus SH, mengatakan, pihaknya menampung semua aspirasi buruh dan mahasiswa “kita akan musyawarahkan di dewan dan selanjutnya akan kita rekomendasikan ke eksekutif,”janjinya