Total dan ExxonMobil Pasok Gas Pupuk Iskandar Muda

Jakarta - 25 Maret 2010 - PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) telah mendapatkan komitmen jaminan pasokan gas sebanyak 6 kargo dari BP Migas. Dari total enam kargo tersebut, tiga kargo gas alam cair (Liquid Natural Gas/ LNG) akan dipasok oleh TOTAL E&P Indonesia dan sisanya dari ExxonMobil Oil Indonesia Inc.

“Dari total kebutuhan tahun ini sebanyak 10-11 kargo, baru 6 kargo yang sudah ada komitmen. Tiga kargo dari Total dan tiga lagi dari Exxon,” ungkap Dirut PT PIM Mashudianto saat dihubungi detikFinance, Kamis (25/3/2010). Dari total komitmen pasokan gas tersebut, lanjut Mashudianto, baru ada satu kargo LNG dari Total yang sudah masuk ke PIM pada bulan Februari lalu. Saat ini perseroan masih menunggu kiriman pasokan berikutnya. “Saya masih belum tahu kapan kiriman berikutnya masuk. Bisa dari Total lagi, bisa juga dari Exxon,” kata dia.

Ia menyatakan sambil menunggu pasokan selanjutnya, pihaknya saat ini sedang melakukan perawatan rutin (Turn Around/TA) selama satu bulan di pabrik PIM 1 dan 2. Rencananya perawatan rutin tersebut akan selesai pada pertengahan April ini. “Ini memang sudah masuk perencanaan kami,” jelasnya. Ia menambahkan, dengan adanya komitmen gas sebanyak enam kargo tersebut, PIM baru bisa mengoperasikan satu pabrik sepanjang tahun ini. “Makanya kami masih mencari 4-5 kargo lagi,” tandasnya.

(Nurseffi Dwi Wahyuni - detikFinance)