PIM Dapat Komitmen Gas dari Tangguh

Daily News - Bisnis 18/09/2009 - Pabrik Pupuk Iskandar Muda (PIM) mendapatkan komitmen pasokan gas dari pengalihan gas alam cair (LNG) Kilang Tangguh. LNG ini sedianya akan dijual kepada Sempra Energy, Amerika Serikat.

Direktur Utama PIM Mashudianto mengatakan, perusahaan sudah melakukan pembicaran intensif dengan Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) "Memang sudah ada beberapa kali pembahasan dengan BP Migas tentang rencana swap gas Tangguh," kata Mashudianto ketika dihubungi wartawan, Kamis 17 September 2009.

Dia menjelaskan, harga LNG dari pengalihan Sempra itu dengan formula harga South California ditambah dengan biaya pengalihan US$ 1 per mmbtu. "Misal saat ini harga South California US$ 3 per mmbtu, maka harganya menjadi US$ 4 per mmbtu," tuturnya. Rencananya, akhir bulan ini akan dimulai pembahasan awal. Dengan demikian, diharapkan November mendatang Gas Sales Aggreement (GSA) sudah ditandatangani supaya pasokan gas 2010 aman.

Menurut dia, volume pasokan yang dijanjikan dari pengalihan Sempra tersebut dilakukan dalam dua tahap. Yaitu 2010-2011 dengan volume masing-masing 12 kargo, sedangkan untuk pasokan gas untuk PIM pada 2012 akan dipasok dari Blok A milik Medco dengan volume 110 mmscfd.