Dalam Negeri Tetap Prioritas

(Bisnis Indonesia, 21 Agustus 2007) - Wapres Jusuf Kalla mengatakan Indonesia akan tetap konsisten untuk memenuhi kontrak pasok gas ke Jepang dengan cara meningkatkan eksplorasi dan efisiensi penggunaan gas dalam negeri.

Pemenuhan kontrak kebutuhan energi untu Jepang itu, menurut Kalla, seiring dengan upaya Indonesia meningkatkan ekspor. Tetapi kedua langkah itu dilakukan setelah kebutuhan energi di dalam negeri terpenuhi. “Indonesia tetap konsisten untuk memenuhi kontrak (dengan Jepang) dan juga konsisten meningkatkan ekspor, karena itu penting untuk pendapatan Negara setelah memenuhi kebutuhan dalam negeri,” kata Wapres seusai bertemu PM Shinzo Abe kemarin.

Menurut Kalla, untuk meningkatkan pasok gas ke Jepang, Indonesia terus meningkatkan produksi energinya melalui peningkatan kegiatan eksplorasi seperti di Papua, Natuna, dan Jawa. Komitmen memprioritaskan pemenuhan kebutuhan nasional juga dikatakan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro . “Kami tak bicara perpanjangan kontrak LNG diprioritaskan untuk domestic, baru nanti kita pikirkan Jepang.”