180 Peserta Marathon 10K “Dewantara Teuga” Antusias Meriahkan HUT 74 RI

KANAL INSPIRASI : 18 AGUSTUS 2019

Pengurus Kecamatan (PK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Dewantara, Aceh Utara, menggelar lomba KNPI Marathon 10 Kilometer “Dewantara Teuga” memeriahkan HUT ke-74 RI, di kota Krueng Geukueh, Minggu (18/8).

Sebelum pelepasan, para peserta melakukan pemanasan dan senam yang dipimpin oleh Anggota Detasemen Arhanud Rudal 001. Selanjutnya dibuka dengan mengangkat bendera start oleh Manager Humas PIM didampingi Perwira Rudal dan Perwira Lanal Lhokseumawe.

Lomba maraton tersebut diikuti 180 peserta terdiri dari unsur pelajar, mahasiswa tergabung, TNI dan masyarakat. Kegiatan ini dibagi dua ketegori, pelajar dan umum.

Rute marathon 10K mulai dari start depan Kantor Camat Dewantara, Gampong Bangka Jaya, Bluka Teubai, Cot Murong, dan mengikuti jalan rel kereta api langsung kembali ke finish lagi di depan Kantor Camat Dewantara.

Ketua Pelaksana Marathon 10K Agusri mengatakan, peserta lomba marathon diikuti oleh para pelajar dari Aceh Utara dan Lhokseumawe, serta turut diramaikan Anggota TNI, Detasemen Arhanud-001, Lanal Lhokseumawe TNI AL, dan kalangan masyarakat umum lainnya.

“Pemenang marathon itu kita sediakan hadiah uang tunai kepada juara I, II, dan III beserta piala. Sedangkan hadiah doorprize utama diberikan sepeda,” kata Agusri yang juga Ketua Bidang Olahraga, Kesenian dan Budaya, KNPI Dewantara.

Untuk kategori umum  juara satu diraih Azhar (36) warga Lhokseumawe dengan waktu 35,44 menit, juara dua Ahmad Rudi (20) Anggota TNI Detasemen Arhanud Rudal 001 dengan waktu 37,20 menit. Juara tiga diraih M Bakhtiar (22) Anggota TNI Detasemen Arhanud Rudal 001 dengan waktu 38,49.

Sedangkan untuk kategori pelajar, juara satu diraih Irfandi (19) asal Kecamatan Muara Batu dengan waktu 37,44 menit. Juara dua diraih M. Tomi Syahrul (15) asal Kabupaten Aceh Utara dengan waktu 40,00 menit dan juara tiga diraih Maulana Khasnil (18) asal Kota LHokseumawe dengan waktu 42,00.

“Masing-masing juara selain mendapatkan uang pembinaan juga mendapatkan tropy. Sedangkan untuk hadiah dooprize kita sediakan 67 jenis barang dengan hadiah utama sepeda,” ujar Agusri.

Dalam pelaksanaan event tersebut, lanjut Agusri, pihaknya didukung DPD KNPI Aceh Utara, PT PIM, Lanal Lhokseumawe, Den Arhanud Rudal 001, Kodim 0103 Aceh Utara, PLN Rayon Krueng Geukueh, BNI, BRI, Bank Aceh, Hutama Karya, Puskesman Dewantara, serta bekerja sama dengan HIMADA, dan sejumlah pihak lainnya.

“Tujuan kegiatan ini juga salah satu upaya untuk menjaring atlet khususnya bagi pemuda di Dewantara, supaya ke depan ketika ada perlombaan maraton baik tingkat kabupaten maupun provinsi dapat diikutsertakan. Tentunya kita akan terus melakukan pembinaan terhadap pemuda di kecamatan dalam bidang olahraga maupun lainnya,” ujar Agusri didamping Ketua PK KNPI Dewantara, Saifunnizar.

Sementara itu, Manager Humas PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), Nasrun, mengatakan, pihaknya dan juga bekerja sama dengan tim proyek NPK PIM mendukung penuh untuk kegiatan olahraga marathon tersebut. Karena melihat generasi muda khususnya remaja, mereka sangat antusias dalam mengikuti lomba marathon memeriahkan HUT ke-74 RI.

“Ini merupakan kegiatan perdana yang kita bekerja sama dengan DPD KNPI Aceh Utara dan KNPI Dewantara. Kita harapkan dengan ada event seperti ini, ke depan muncul generasi atau atlet marathon di daerah Dewantara.

Kita lihat potensi para pemuda cukup tinggi maka diperlukan pembinaan secara berkesinambungan supaya nantinya dapat menciptakan kaderisasi jika ada lomba marathon, baik untuk tingkat kabupaten maupun provinsi dapat dimunculkan atlet dari Dewantara,” ujar Manager Humas PIM Nasrun kepada para Jurnalis disela-sela usai marathon.

Selain itu, Ketua DPD KNPI Aceh Utara Agus Hidayat Thaib, saat dijumpai dilokasi Marathon menyebutkan, kegiatan seperti ini sangat penting, karena selain bertujuan memperingati HUT ke-74 RI juga merupakan salah satu upaya untuk menciptakan atlet muda di bidang marathon.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini juga memperkuat kekompakan KNPI baik di Kecamatan Dewantara maupun KNPI kecamatan lainnya di Aceh Utara. Dipastikan setiap KNPI di kecamatan mempunyai peran penuh terhadap kegiatan kepemudaan dan terlebih pada hari besar seperti ini,” ujar Dayat. (*)

https://www.kanalinspirasi.com/180-peserta-marathon-10k-dewantara-teuga-antusias-meriahkan-hut-74-ri/