KNPI Dewantara Gelar Lomba Maraton Meriahkan HUT RI, Ini Para Juara

PORTAL SATU : 18 AGUSTUS 2019

Pengurus Kecamatan (PK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Dewantara, Aceh Utara, menggelar lomba KNPI Maraton 10 Kilometer memeriahkan HUT ke-74 RI, di kecamatan itu, Minggu, 18 Agustus 2019.

Lomba maraton tersebut diikuti 180 peserta terdiri dari unsur pelajar, mahasiswa tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Dewantara (HIMADA), TNI dan masyarakat umum lainnya.

Rute maraton dari start depan Kantor Camat Dewantara, Gampong Bangka Jaya, Bulukat Teubai, Geulumpang Sulu Timu, Geulumpang Sulu Barat, kemudian kembali melewati Geulumpang Sulu Timu menuju Gampong Ule Pulo, Uteun Geulinggang hingga finish di Kantor Camat Dewantara.

Ketua Pelaksana, Agusri, mengatakan, peserta lomba maraton dari Aceh Utara, Lhokseumawe dan Bireuen yang diramaikan para pelajar, Detasemen Arhanud-001, Lanal Lhokseumawe TNI AL, dan kalangan masyarakat umum lainnya.

"Pemenang maraton itu kita sediakan hadiah uang tunai kepada yang mendapatkan juara I, II, dan III beserta piala. Sedangkan doorprize utama diberikan sepeda," kata Agusri yang juga Ketua Bidang Olahraga, Kesenian da Budaya, KNPI Dewantara, kepada portalsatu.com, usai lomba maraton, Minggu siang.

Menurut Agusri, juara I kategori umum diraih Azhar dari Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Lhokseumawe, juara II Ahmad Rudi (Detasemen Arhanud Rudal 001), juara III M. Bakhtiar (Detasemen Arhanud Rudal 001).

 Kategori pelajar (SMP dan SMA) juara I diraih Irfandi asal Kecamatan Muara Batu (Aceh Utara), juara II M. Tomi Syahrul (Bola Mas Aceh Utara), dan juara III Maulana Khasnil (PASI Lhokseumawe).

Dalam pelaksanaan event tersebut, lanjut Agusri, pihaknya didukung DPD KNPI Aceh Utara, PT PIM, BNI, BRI, Hutama Karya, Lanal Lhokseumawe, Detasemen Arhanud Rudal 001, Kodim 0103 Aceh Utara, PLN Rayon Krueng Geukueh, serta bekerja sama dengan HIMADA, dan sejumlah pihak lainnya.

"Tujuan kegiatan ini juga salah satu upaya untuk menjaring atlet khususnya bagi pemuda di Dewantara, supaya ke depan ketika ada perlombaan maraton baik tingkat kabupaten maupun provinsi dapat diikutsertakan. Tentunya kita akan terus melakukan pembinaan terhadap pemuda di kecamatan dalam bidang olahraga maupun lainnya," ujar Agusri didamping Ketua PK KNPI Dewantara, Saifunnizar.

Manager Humas PT Pupuk Iskandar Muda ( PIM), Nasrun, menyebutkan, pihaknya dan juga bekerja sama dengan tim proyek NPK mendukung penuh untuk kegiatan olahraga maraton tersebut. "Karena melihat generasi muda khususnya remaja, mereka sangat antusias dalam mengikuti lomba maraton memeriahkan HUT ke-74 RI".

"Ini merupakan kegiatan perdana yang kita bekerja sama dengan DPD KNPI Aceh Utara dan KNPI Dewantara. Kita harapkan agar muncul generasi atau atlet maraton di daerah ini ke depan. Karena potensi para pemuda cukup tinggi maka diperlukan pembinaan secara berkesinambungan supaya nantinya dapat menciptakan kaderisasi jika ada lomba maraton, baik untuk tingkat kabupaten maupun provinsi dapat dimunculkan atlet dari Dewantara," ujar Nasrun.

Ketua DPD KNPI Aceh Utara, Agus Hidayat Thaib, mengatakan, kegiatan seperti ini sangat penting, karena selain bertujuan memperingati HUT ke-74 RI juga merupakan salah satu upaya untuk menciptakan atlet muda di bidang maraton.

"Dengan adanya kegiatan seperti ini juga memperkuat kekompakan KNPI baik di Kecamatan Dewantara maupun KNPI kecamatan lainnya di Aceh Utara. Dipastikan setiap KNPI di kecamatan mempunyai peran penuh terhadap kegiatan kepemudaan dan terlebih pada hari besar seperti ini," ujar Agus Hidayat.[]

http://portalsatu.com/read/sport/knpi-dewantara-gelar-lomba-maraton-meriahkan-hut-ri-ini-para-juara-51900