Wabup Sidom Peng Resmikan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Bantuan PT PIM untuk Nelayan di Bangka Jaya

PELITA8 : 6 AGUSTUS 2019

Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di Desa Bangka Jaya Kecamatan Dewantara, Aceh Utara yang dibangun PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) beberap waktu lalu, diresmikan Bupati Aceh Utara diwakili Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf didampingi Direktur SDM & Umum PT PIM Usni Syafrizal, Selasa (6/8/2019).

Manager Humas PT PIM Nasrun dalam Press Release mengatakan, pada tahun 2019 PT PIM telah resmi mengakuisisi aset eks PT AAF yang mencakup wilayah komplek perumhan dan pabrik termasuk didalamnya pelabuhan, Untuk pengembangan dan percepatan pembangunan perusahaan kedepan, PT PIM telah membangun Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di Desa Bangka Jaya sebagai pengganti PPI yang selama ini berada dalam kawasan Pelabuhan PT AAF yang termasuk dalam kawasan pembangunan pelabuhan Pabrik Pupuk NPKPIM. Pengembangan PPI selanjutnya pada tahun 2020 akan dilanjutkan oleh Pemerintah Daerah, sehingga kedepan di Desa Bangka Jaya memiliki dermaga nelayan yang mampu menampung seluruh nelayan yang berada di Kecamatan Dewantara.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf akrap disapa Sidom Peng mengatakan, Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) tersebut dapat dimanfaatkan nelayan di kawasan itu untuk tempat bersandar boat. Ia berharap agar bangunan itu dapat dirawat dengan baik, sehingga tidak cepat rusak, dan bisa dimanfaatkan dalam waktu yang lama.

Wabup Fauzi, mengapresiasi PIM yang sudah bersedia membangun PPI tersebut. Namun, kedepan ia berharap agar PIM juga dapat membantu melanjutkan pembangunan tersebut.

Kepala Dinas Keluatan Perikanan Aceh Utara Jafar Ibrahim mengatakan, PPI yang sudah dibangun itu panjangnya sekitar 50 meter dan lebar 30 meter. Dengan kondisi demikian, PPI itu bisa menampung boat atau kapal bermotor dibawah 3 GT.

Pemkab Aceh Utara, akan memperluas area PPI dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan. Kedepan kawasan ini akan terjadi siklus nelayan. Dan, bakal ada balai nelayan dan komunitas nelayan, kata Kadis Jafar.

Geuchik Bangka Jaya Anwar Abdullah menyampaikan, berterimakasih kepada PIM yang sudah membangun PPI tersebut untuk nelayan. Ia berharap agar Pemkab Aceh Utara dapat segera melanjutkan PPI yang sudah, karena PPI yang sudah dibangun belum memadai atau mencukupi bersandarnya boat yang direlokasi dari pelabunan ke PPI tersebut.

Peresmian tersebut juga dirangkai dengan penyerahan santunan kepada 20 anak yatim. Dan juga menyerahkan bantuan sarana tempat ibadah untuk keperluan nelayan senilai Rp 10 juta yang diserahkan DIrektur SDM & Umum PT PIM Usni Syafrizal diterima oleh Geuchik Bangka Jaya Anwar Abdullah. []

https://pelita8.com/wabup-sidom-peng-resmikan-pangkalan-pendaratan-ikan-ppi-bantuan-pt-pim-untuk-nelayan-di-bangka-jaya/