PTPIM Gelar Simulasi Paparan Gas Amonia

Aceh Trend : 27 Desember 2018

Sejumlah karyawan PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM) berhamburan keluar kantor dan pabrik saat mendengar sirine tanda kebocoran gas amonia.

Sementara beberapa ambulans dan mobil evakuasi berlalu-lalang di kawasan kantor, pabrik, dan wilayah desa binaan. Sebagian karyawan terpaksa dilarikan ke rumah sakit akibat terpapar gas yang bocor di lokasi pabrik.

Aksi itu terjadi dalam simulasi tanggap darurat yang dilakukan PT. PIM di Aceh Utara siang tadi, Kamis (27/12/2018).

Kepala Bagian Tanggap Darurat Humas PT. PIM, Abdullah, mengatakan simulasi itu untuk melatih seluruh petugas evakuasi dan juga memberi pemahaman kepada karyawan maupun warga bagaimana menghadapi situasi saat terjadi kebocoran gas amonia yang beracun.

“Kebetulan simulasi ini kita lakukan tanpa pemberitahuan terlebih dulu kepada seluruh karyawan,” ucap Abdullah.

Ia menjelaskan berawal ketika sirine panjang selama dua menit yang menandakan terdapat kebocoran amonia, dilanjutkan dengan sirine berdurasi 5 detik on dan 5 detik off yang kali ini bermakna akan mulai dilakukan proses evakuasi.

Selain itu, korban yang mengalami sesak nafas karena terhirup paparan gas amonia langsung dievakuasi ke rumah sakit untuk diberi pertolongan medis.

Bila korban sakit berkelanjutan pihak perusahaan akan mengevakuasi korban ke rumah sakit di Kota Lhokseumawe untuk pengobatan lanjutan.
Dia menambahkan, pihaknya juga menurunkan tim penanggulangan keselamatan kerja. Antara lain personel pemadam kebakaran dan tim kesehatan untuk menguji seluruh komponen perusahaan agar cepat tanggap apabila menghadapi kondisi seperti ini, dan hasilnya hari ini berjalan dengan baik.

“Kegiatan ini merupakan program wajib setiap tahun bagi perusahaan untuk menghindari banyak korban bencana, seperti bocor amonia dan kebakaran,” kata Abdullah.

 

https://www.acehtrend.com/2018/12/27/pt-pim-gelar-simulasi-paparan-gas-amonia/