Ketua DPRD Sumbar Ingatkan Alur Distribusi Pupuk Petani

SUREPLUS : 10 JULI 2018

PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) sebagai penyedia pupuk wilayah Sumatera Barat (Sumbar), diharap dapat menjaga alur distribusi pupuk bersubsidi agar bisa sampai pada petani. Karena sebagian besar masyarakat Sumbar hidup sebagai petani, dan sangat tergantung pada keberadaan pupuk ini.

Pernyataan ini disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumbar Hendra Irwan Rahim, saat menerima kedatangan manajemen PT PIM di rumah dinasnya, Senin (9/7/2018). Rombongan PT PIM dipimpin Direktur Utama Husni Achmad Zaki, didampingi sejumlah direksi dan karyawan.

Dengan menjaga alur distribusi, lanjut Hendra, alokasi pupuk bersubsidi bisa datang tepat sasaran dan tepat waktu. “Sesuai dengan musim tanam petani di Sumbar,” jelasnya, seperti ditulis di laman sumbarprov.go.id.

“Agar kebutuhan masyarakat petani terpenuhi tanpa gangguan, kami ingin PT PIM memastikan jalur distribusi pupuk tidak ada kendala,” lanjut Hendra. Di depan manajemen PT PIM ia juga meminta agar perusahaan ini terus meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah, dalam rangka menjamin kelancaran arus distribusi pupuk.

Menanggapi hal ini, Direktur Utama PT PIM Husni Achmad Zaki menyampaikan, pihaknya akan terus menjaga keamanan dan kelancaran distribusi pupuk agar bisa sampai ke petani. “Kelancaran distribusi merupakan bagian dari komitmen kami agar petani mendapat pasokan pupuk tanpa kendala,” tegasnya.

Terkait pupuk bersubsidi, Husni menyebutkan sangat tergantung juga dengan mekanisme anggaran dari pemerintah daerah. “Kami terus membangun komunikasi dengan seluruh pemerintah daerah di wilayah kerja PT PIM dalam rangka menjamin pasokan pupuk bersubsidi sesuai dengan volume kebutuhan serta tepat waktu sesuai dengan waktu tanam petani,” jelas Husni.

Dalam kesempatan itu ia juga berharap agar peran Komite Pengawas Pupuk Bersubsidi dan Pestisida (KP3) di pemerintah daerah bisa terus optimal. Karena peran mereka sangat membantu penyaluran pupuk bersubsidi yang tepat sasaran. Jika ada oknum distributor yang nakal, Husni memastikan pihaknya tidak akan segan-segan mengambil tindakan dan menjatuhkan sanksi.

https://www.sureplus.id/2018/07/10/ketua-dprd-sumbar-ingatkan-alur-distribusi-pupuk-petani/