PT PIM Nyatakan Siap Beroperasi Kembali

ACEH SATU : 18 JANUARI 2018
JAKARTA — Sejak November 2017 PT Pupuk Iskandar Muda tidak beroperasi karena ketiadaan pasokan gas akibat adanya masalah teknis di PT Perta Arun Gas.
 
Sehingga untuk memenuhi pupuk subsidi di sejumlah daerah yang menjadi tanggung jawab perusahaan berlambang gajah putih tersebut harus mendatangkan pupuk urea dari pabrik pupuk lain di bawah PT Pupuk Indonesia (Persero).
 
Informasi itu disampaikan dalam siaran pers yang dikirimkan Faisal Wardana dari, Humas PT PIM kepada ACEHSATU.COM, Kamis (18/1/2018).
Faisal mengabarkan, menyikapi kondisi ini Kementerian ESDM Republik Indonesia mengadakan rapat koordinasi untuk membahas pasokan gas kepada  PT Pupuk Iskandar Muda di Jakarta pada Rabu (17/1/2018).
 
Rapat dipimpin oleh Wakil Menteri ESDM yang dihadiri oleh SKK Migas dan beberapa BUMN diantaranya PT Pertamina (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pupuk Iskandar Muda, PT Pertamina Hulu Energi NSB dan NSO, PT Pertamina Gas, PT Perta Arun Gas.
 
Dikatakan, rapat itu memutuskan bahwa gas harus segera dialirkan ke PT Pupuk Iskandar Muda secepatnya dengan pola SWAP gas dari PT Perusahaan Listrik Negara selama pasokan gas dari PT Pertamina Hulu Energi NSB dan NSO tidak dapat memenuhi kebutuhan gas minimum untuk memproduksi urea pabrik PT Pupuk Iskandar Muda.
 
Disebutkan, telah disepakati pada pekan ketiga di bulan Januari 2018, pasokan gas ke pabrik urea PT Pupuk Iskandar Muda dapat disalurkan (gas in) dengan mendapatkan bantuan pinjaman gas dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).
 
Sehingga pabrik urea PT Pupuk Iskandar Muda dapat beroperasi kembali untuk memenuhi kebutuhan pupuk urea subsidi di di wilayah pemasaran PT Pupuk Iskandar Muda yaitu provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau & Kepri dan Jambi yang telah memasuki musim tanam Oktober–Maret–dimana kebutuhan pupuk urea oleh petani sangat meningkat.
 
Wakil Menteri ESDM mengharapkan agar permasalahan pasokan gas ke PT Pupuk Iskandar Muda dapat diselesaikan secara bersama-sama oleh seluruh pihak (synergy BUMN).
 
Karena PT Pupuk Iskandar Muda merupakan salah satu penopang ketahanan pangan nasional sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia Djoko Widodo. (*)