Produksi PT PIM Terhenti, Stok Pupuk Disuplai dari Pusri

AJNN : 16 JANUARI 2018

Macetnya produksi pupuk di PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) akibat ketiadaan bahan baku gas dikhawatirkan akan berimbas pada kelangkaan pupuk di sejumlah wilayah Aceh. Menyiasati masalah tersebut, PIM memastikan pupuk subsidi tetap tersedia meski harus disuplai dari PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) Palembang.

"Kami sudah siasati masalah tersebut. Sembari menunggu kepastian suplai gas agar PIM bisa berproduksi kembali, kuota pupuk untuk sementara kami suplai dari PT Pusri. Intinya pupuk tersedia jika ada permintaan," ujar Faisal Wardhana, Supervisor Humas PT. PIM saat dikonfirmasi AJNN, Rabu (17/1).

Terkait kapan gas akan disuplai ke PT PIM oleh PT Perta Arun Gas (PAG), pihaknya mengaku belum mendapat kepastian.

"Pastinya kami belum tahu, tapi hasil pembicaraan terakhir katanya akhir Januari ini suplai gas sudah bisa dilakukan," ungkap Faisal.

Sementara itu, pihak PT Pertamina Hulu Energi (PHE) menyatakan cadangan gas murni untuk kebutuhan industri seperti PT PIM tersedia dan cukup.

"Kalau dari PHE cadangan gas tersedia dan cukup. Tapi proses suplai gas kami harus kirimkan dulu ke PAG, yang distribusikan itu PAG, kami juga tidak tahu dimana kendalanya," ungkap Kepala Humas PT PHE NSB, Armia Jamil.

Hingga berita ini diunggah, AJNN belum berhasil meminta tanggapan dari pihak PAG terkait macetnya suplai gas ke PIM. Kepala Humas PAG, Cut Zharfa Ajrina, yang coba dihubungi juga belum berhasil dikonfirmasi.

 

http://www.ajnn.net/news/produksi-pt-pim-terhenti-stok-pupuk-disuplai-dari-pusri/index.html