Arsip Berita

Pusat Tetapkan KEK Arun

SERAMBI INDONESIA : 01 MARET 2017

* Mencakup Tiga Kawasan

BANDA ACEH - Presiden Jokowi telah meneken Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2017 tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe pada 17 Februari 2017. Ini artinya, tiga kawasan yang diusul untuk menjadi kawasan ekonomi khusus, yaitu kompleks kilang Arun, Kecamatan Dewantara, dan Desa Jamuan (lokasi pabrik PT KKA), resmi dan telah memiliki dasar hukum yang kuat sebagai KEK Arun Lhokseumawe (KEKAL).

Berdasarkan informasi dihimpun Serambi, Selasa (28/2), PP KEK Arun Lhokseumawe ditandatangani Presiden Jokowi satu minggu setelah Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengeluarkan KEK Arun dari daftar 225 Proyek Strategis Nasional (PSN).

Read more...

Semarakan HUT Ke 35 Tahun PT. PIM gelar Donor Darah Dan Caritiy Day

RRI.co.id : 20 Februari 2017 

Lhokseumawe : Ratusan karyawan PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM), Senin (20/02/2017), memadati gedung pendopo di area persusahaan setempat untuk melakukan donor darah dengan bantuan Unit Donor Darah (UDD) Aceh Utara,

“Kegiatan ini dalam rangka menyemarakan HUT PT.PIM ke-35 tahun, ini merupakan agenda rutin tahunan, semua karyawan melakukan donor darah sehingga dengan kegiatan tersebut, dapat membantu masyarakat yang membutuhkan” Kata Kepala Bagian Humas PT. PIM, Zulfan Efendi.

Read more...

Pejabat Kemenko Perekonomian kunjungi KEK Arun

ANTARA ACEH : 05 Februari 2017

Pejabat Kementrian Kordinator  Perekonomian meninjau PT Arun Lhokseumawe, Provinsi Aceh, untuk menindaklanjuti dijadikannya daerah itu sebagai pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK).

Direktur Utama PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) Krunggekuh, Lhokseumawe, Achmad Fadhiel di Lhokseumawe, Sabtu mengatakan, para pejabat tersebut sudah berada di Arun sejak Jumat (3/2) dan berakhir hari ini.
 
Pejabat yang mengunjungi KEK Arun itu adalah perwakilan dari Kemenko Perekonomian Elen Setiadi, Sekretariat Negara M Saptamurti, dan pejabat lainnyanya.
 
Turut mendampingi para pejabat tersebut konsorsium BUMN, yakni Direktur Utama PT Pertamina, Presiden PAG,Pelindo I Lhokseumawe dan Direktur PDPA selain itu dihadiri juga oleh perwakilan PT KKA, PT AAF, PT Humpus Aromatic, PJB Arun.
 
Sedangkan perwakilan pemerintah daerah,  hadir Plt Bupati Aceh Utara, Plt Sekda Aceh Utara, Sekda Lhokseumawe.

Read more...

KEK Lhokseumawe Proyek Strategis

Serambi : 19 Februari 2017

BANDA ACEH - Setelah sempat dikeluarkan dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) oleh Komisi Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) bersama 17 proyek lainnya di Indonesia, proyek Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lhokseumawe akan dimasukkan kembali dalam PSN.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadis Perindag) Aceh Ir Arifin Hamid menyampaikan hal ini kepada Serambi, Minggu (19/2). Menurutnya pengembalian ini setelah Pemerintah Aceh protes kepada KPPIP. “Apalagi Peraturan Pemerintah (PP) tentang KEK Lhokseumawe ini tinggal menunggu tanda tangan presiden,” kata Arifin.

Menteri Perekonomian Darmin Nasution sebagai Ketua KEK Nasional, kata Arifin Hamid sudah menyetujui bekas kawasan PT Arun, PT PIM, PT AAF, PT KKA itu dijadikan KEK Lhokseumawe. Persyaratan untuk ditetapkan menjadi KEK sudah dipenuhi, bahkan draf PP, menurut informasi terakhir sudah di meja kerja Presiden Joko Widodo untuk ditanda tangani.

Read more...

Kemenko Perekonomian Percepat Aksi Kawasan Ekonomi Khusus Arun-Lhokseumawe

PELITA8.com : 04 Februari 2017

Dalam Rencana pengembangan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun-Lhokseumawe, PT PIM mendapat kunjungan kerja dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko) dalam proses tindak lanjut percepatan penyelesaian aksi KEK yang dilaksanakan sejak 3- 4 Februari 2017.

PT PIM bersama dengan PT Pertamina, PT Pelindo I dan PDPA akan menjadi badan pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Arun Lhokseumawe (KEKAL).

Rapat Koordinasi tersebut membicarakan mengenai kesiapan segala kebutuhan dokumen pendukung agar mempercepat persyaratan administrasi.

Direktur Utama (Dirut) PT PIM Achmad Fadhiel mengatakan, hadirnya KEK Arun Lhokseumawe merupakan lokomotif bagi perkembangan ekonomi bagi Aceh.

Read more...