Arsip Berita

Kepala Kanwil DJP Aceh Tinjau KEK Arun Lhokseumawe

Serambi Indonesia : 19 Oktober 2017

Lhokseumawe - Kepala Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Aceh, Ahmad Djamhari melakukan kunjungan kerja ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe, Selasa (17/10). Dalam kunjungan tersebut, ia mengatakan perlu adanya kesepahaman tentang peraturan perpajakan terkait fasilitas perpajakan untuk pelaku usaha di KEK.

Kunjungannya ke pelaku usaha KEK PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) itu diterima Achmad Fadhiel (Direktur Utama), seperti disampaikan lewat siaran pers kepada Serambi kemarin. Pertemuan tersebut membahas rencana pengembangan PT PIM ke depan, proses produksi, dan lokasi PT Asean Aceh Fertilizer (AAF) yang akan diakuisisi PT PIM.

Seusai ke PT PIM, Ahmad Djamhari berkunjung ke PT Pelindo I. Perusahaan ini juga pelaku usaha KEK.

Read more...

Agara Dapat Tambahan 1.000 Ton Pupuk Urea Bersubsidi, Semoga Petani tak Kesulitan Lagi

Serambi Indonesia : 16 Oktober 2017

Kutacane - Kelangkaan pupuk urea bersubsidi di Aceh Tenggara diprediksi akan teratasi.

Pasalnya, Agara akan mendapat penambahan kuota pupuk urea bersubsidi.

"Kita akan mendapatkan 1.000 ton pupuk urea bersubsidi," kata Kasi Pupuk Dinas Pertanian Aceh Tenggara, Juliana Manulang, kepada Serambinews.com, Senin (16/10/2017 ).

Read more...

Tiga Pupuk Langka di Aceh Utara

Serambi Indonesia : 16 Oktober 2017


* Urea, NPK, dan SP-36

Aceh Utara - Petani dalam sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara mengeluhkan soal kelangkaan tiga jenis pupuk yang sudah berlangsung lama, namun hingga kini belum teratasi. Tiga jenis pupuk yang langka tersebut adalah urea, NPK (Nitrogen, Posfor, dan Kalium), serta pupuk SP-36 (fosfat).

“Kelangkaan pupuk di Tanah Luas bukan kali ini saja terjadi, tapi sudah berulangkali. Masyarakat resah dengan kondisi ini karena tak bisa mendapatkan pupuk. Karena itu, kita berharap ke depan supaya persoalan ini segera diantisipasi sebelum kami turun ke sawah,” ujar Saiful Bahri, warga Desa Ujong Baroh, Kecamatan Tanah Luas kepada Serambi, kemarin.

“Kita juga berharap kepada dewan untuk bisa mencari persoalan ini, kenapa sering kali terjadi kelangkaan pupuk ketika turun ke sawah. Jika memang ada pihak yang bermain dalam persoalan ini, kami berharap aparat penegak hukum segera menangkapnya,” pintanya.

Read more...

Perketat Pengawasan Pupuk Bersubsidi

Serambi Indonesia : 17 Oktober 2017

* KP3 Aceh Utara Diminta Cek dari Hulu ke Hilir

Aceh Utara - Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Aceh Utara diminta memperketat pengawasan penyaluran pupuk bersubsidi, terutama mulai dari distributor hingga sampai ke pedagang pengecer. Pasalnya, persoalan kelangkaan pupuk selama ini di Aceh Utara diduga bukan hanya karena kuota terbatas, tapi diperparah dengan adanya penyelewengan pupuk.

“Pengawasan memang harus dimulai dari hulu di tingkat produksi sampai ke hilir yaitu tingkat pedagang pengecer. Tapi informasi dan penelusuran saya selama ini, rawan terjadi penyelewengan pupuk di tingkat distributor dan pengecer. Karena itu, pengawasan ke depan harus lebih diperketat,” ujar Dosen Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh (FP Unimal), Dr Ismadi kepada Serambi, Senin (16/10).

Read more...

Kemenko apresiasi percepatan operasional KEK Arun Lhokseumawe

Antara : 6 Oktober 2017
 
Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memberikan apresiasi atas percepatan operasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada Desember 2017, yang berarti lebih cepat dari target semula.
 
"Harus kita apresiasi komitmen Pemda untuk bisa meresmikan KEK Arun Lhokseumawe pada Desember mendatang. Karena untuk dapat diresmikan, beberapa kriteria yang tidak mudah harus dipenuhi," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Lukita Dinarsyah Tuwo di Jakarta, Jumat.
 
Lukita menyampaikan hal tersebut seusai mengikuti Rapat Koordinasi Percepatan Kesiapan Beroperasi KEK Arun Lhokseumawe yang dihadiri Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Ekonomi Wahyu Utomo dan Sekretaris Dewan Nasional KEK Enoh Suharto Pranoto.
 
Selain itu, ikut hadir Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Ketua DPR Aceh Muharuddin, Bupati/Wali kota terkait KEK Arun Lhokseumawe, dan pejabat terkait lainnya.

Read more...