Arsip Berita

Pertamina Tukar Pasokan Gas Blok A untuk PLN

Katadata : 9 Agustus 2018

Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) mengatakan PT Pertamina melakukan tukar pasokan atau swap gas dari Blok A di Aceh untuk PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Padahal, sebelumnya Pertamina akan memasok gas dari blok tersebut untuk kebutuhan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPMA Azhari Idris mengatakan tukar pasokan itu didasarkan alasan teknis. Posisi sumur gas Medco hanya bisa mengalirkan gas dari Blok A melalui pipa Arun-Belawan. Alhasil tidak bisa dikirim langsung menuju PT PIM karena dapat melawan arus pipa.

Read more...

Rencana Pupuk Kaltim bangun pabrik kapasitas 3 juta ton terganjal

Beritagar : 07 Agustus 2018

Putus sudah asa Kalimantan Timur memiliki pabrik pupuk NPK cluster di Bontang. PT Pupuk Indonesia (Persero) resmi memindahkan proyek senilai Rp7 triliun yang digadang-gadang mampu memproduksi pupuk NPK sebanyak 3 juta ton per tahun.

"Sudah diputuskan untuk dibatalkan," kata Humas PT Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana, Senin (6/8/2018).

Read more...

Kebijakan Medco kurangi harga gas di Blok A Aceh

Kabar Energi : 30 Juli 2018

Direktur Jenderal Energi dan Sumber Daya Mineral untuk minyak dan gas, Djoko Siswanto, mengatakan kepada media pada hari Kamis (26/7) bahwa kesepakatan untuk mengurangi harga gas menjadi US $ 7,08 per juta British thermal units (mmbtu) dicapai antara perusahaan energi lokal PT Medco E & P Produser pupuk Malaka dan Nanggroe Aceh Darussalam PT Pupuk Iskandar Muda (PIM).

“Kami telah mencapai kesepakatan untuk mengurangi biaya gas di Blok A untuk PIM sekitar $ 2 per mmbtu dari $ 9,45 menjadi $ 7,08 per mmbtu,” katanya menambahkan bahwa gas yang berharga lebih rendah ditetapkan untuk ditransmisikan ke PIM pada 1 Agustus.

Read more...

SKPA Diminta Bantu Investor Berinvetasi di KEK Arun

SERAMBI INDONESIA : 8 AGUSTUS 2018
Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meminta SKPA yang terkait dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun, Lhokseumawe, membantu Badan Usaha Pembangun dan Pengelola (BUPP) untuk mempercepat investor berinvestasi di kawasan tersebut. SKPA itu antara lain Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh.

“SKPA harus membantu BUPP mempercepat perusahaan yang sudah bekerja sama dengan PT Pelindo, PIM, Pertamina dan PDPA atau PT Patriot Nusantara Aceh (Patna). Berikan layanan yang cepat, tepat, dan mudah,” ujar Nova seusai memanggil Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh, Dr Aulia Sofyan SSos MSi, ke Rumah Dinas Plt Gubernur Aceh, di kawasan Blang Padang, Banda Aceh, Selasa (7/8).

Read more...

Medco reduces gas price in Aceh’s Block A

The Jakarta Post : 27 Juli 2018

The Energy and Mineral Resources Ministry’s director general for oil and gas, Djoko Siswanto, told the press on Thursday that a deal to reduce the price of gas to US$7.08 per million British thermal units (mmbtu) was reached between local energy firm PT Medco E&P Malaka and Nanggroe Aceh Darussalam-based state fertilizer producer PT Pupuk Iskandar Muda (PIM).

“We have struck a deal to reduce the cost of gas in Block A for PIM by around $2 per mmbtu from $9.45 to $7.08 per mmbtu,” he said adding that the lower-priced gas was set to be transmitted to PIM in Aug. 1.

Read more...