Arsip Berita

Soal Pupuk Urea Bersubsidi Langka, Wabup Aceh Tenggara: Urea Bersubsidi Dinikmati Orang Kaya

SERAMBI INDONESIA : 22 OKTOBER 2018


KUTACANE - Wakil Bupati Aceh Tenggara, Bukhari mengatakan, kelangkaan pupuk urea bersubsidi di Agara karena banyaknya dinikmati orang-orang kaya sehingga tidak tepat sasaran.

"Urea bersubsidi dinikmati orang kaya makanya langka," ujar Wabup Agara, Bukhari Kepada Serambinews.com, Senin (22/10/2018).

Read more...

Permintaan Meningkat, Pasokan Pupuk di Sumbar Aman

Republika : 5 September 2018

Pasokan pupuk urea di Sumatra Barat diklaim aman hingga akhir 2018, meski ada tren peningkatan permintaan seiring ramainya musim tanam. PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), sebagai penanggungjawab distribusi pupuk urea di Sumbar, Riau, Kepri, dan Jambi, memastikan ketersediaan pupuk urea mencukupi.

Jumlah pasokan di gudang lini 2 dan 3 Sumbar mencapai 7.568 ton. Angka tersebut mampu menutup kebutuhan di Sumbar pada September 2018 sebanyak 6.646 ton.

Read more...

Tiga Kecamatan Krisis Pupuk

Serambi Indonesia : 29 Agustus 2018

* Untuk Jenis NPK, SP-36 dan ZA

BLANGPIDIE - Kelangkaan pupuk bersubsidi jenis NPK Phonska, SP-36 dan ZA di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terjadi di tiga kecamatan, Lembah Sabil, Manggeng dan Setia. Malahan, alokasi NPK Phonska dan SP-36 sudah nihil atau tidak ada lagi untuk tiga kecamatan tersebut, sedangkan alokasi pupuk ZA hanya tersedia sebanyak 4 ton.

Sementara alokasi pupuk NPK Phonska, SP-36 dan ZA untuk enam kecamatan lainnya di Abdya dilaporkan tersedia dalam jumlah sangat terbatas sehingga dipastikan tidak mencukupi kebutuhan MT Gadu 2018 yang baru berumur satu sampai dua bulan dan memasuki MT Rendengan 2018/2019 pada Oktober mendatang.

Read more...

Stok Pupuk di Sumbar Aman Hingga Akhir Tahun

Jawa Pos : 4 September 2018

PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) memastikan stok pupuk aman menjelang musim tanam September hingga Desember 2018. PIM sendiri merupakan penanggungjawab distribusi pupuk urea bersubsidi untuk empat provinsi di Sumatera.

Selain Sumatera Barat (Sumbar), stok pupuk untuk Riau, Kepri, dan Jambi juga aman hingga akhir tahun. "Komitmen itu sudah kami sepakati dalam rakor empat wilayah di Kota Bukittinggi," kata Direktur Komersil PT Pupuk Iskandar Muda Rochan Syamsul Hadi, Selasa (4/9).

Read more...

Pengaliran Gas Bumi dari Blok A di Aceh Menanti Regulasi Harga

Kata Data : 28 Agustus 2018

Penyaluran gas dari Blok A pun berubah, tidak lagi ke Pupuk Iskandar Muda, tapi PLN.

Gas bumi dari Blok A di Aceh hingga kini belum bisa mengalir. Padahal, PT Medco E&P Malaka sudah menyelesaikan fasilitas produksi dari blok tersebut sejak April 2018. Target pemerintah untuk mengalirkan gas tersebut pada Agustus ini pun terancam meleset.

Jalan berliku untuk mengalirkan gas dari bumi Aceh pun harus ditempuh. Awalnya, Medco dan Pertamina sudah sepakat untuk jual beli gas tersebut. Gas ini pun akan dipasok ke PT Pupuk Iskandar Muda (PIM). Volumenya sekitar 58 mmscfd.

Read more...